Jumat, 28 Oktober 2016

Marmut: Khasiat, Tafsir Mimpi dan Hukum Memakannya





Habitat dan Kehidupan

Marmut masih sekerabat dengan tikus, hanya marmut bertubuh bulat gemuk mirip babi, dan hampir tidak berekor. Binatang ini termasuk binatang sosial, hidup dengan membentuk koloni dan menghuni lubang yang dalamnya beberapa meter di bawah tanah. Binatang ini adalah binatang siang hari, mencari makan dan bermalas-malasan di bawah sinar matahari dekat lubang. Bila terancam bahaya, marmut segera mengeluarkan bunyi semacam siulan tajam, sehingga para koloni lari masuk lubang. Suaranya mirip suara babi waktu menguik. Musuh utamanya adalah rajawali, ruba dan beruang.

Marmut memakan sayur, kentang, wortel dan biji-bijian. Sifatnya sangat jinak. Binatang ini berkembang biak dengan melahirkan satu sampai empat anak. Masa bunting antara 55 sampai 70 hari. Anaknya disapih pada usia 3 minggu. Pada usia 40-45 hari, marmut sudah mengalami masa birahi. Dalam setahun marmut dapat beranak berkali-kali.

Hukum

Marmut Termasuk Hewan yang halal dimakan
Keistimewaan dan Khasiat

Kelopak mata yang sudah dicabut bulunya, apabila diolesi dengan darah marmut, maka tidak akan tumbuh kembali, insya Allah.

Ta’wil Mimpi

Dalam mimpi marmut pertanda lelaki pembohong dan pendusta.

Dasar Hukum
1) يَحِلُّ الضَّبُّ وَالضَّبْعُ وَالثَّعْلَبُ وَاْلأَرْنَبُ وَالْيَرْبُوعُ (رَوْضَةُ الطَّالِبِينْ: 2/578)
2) وَيَحِلُّ مِنَ الدَّوَابِّ الْوَحْشِ الْبَقَرُ لأَنَّهَا مِنَ الطَّيِّبَاتِ.... وَالظَّبْيُ وَالضَّبْعُ وَالثَّعْلَبُ وَاْلأَرْنَبُ وَالْيَرْبُوعُ وَالْقُنْفُذُ وَالْوَبَرُ وَابْنُ عُرْسٍ (كِفَايَةُ اْلأَخْيَارِ: 2/231)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kekaguman Gus Baha' Pada Abuya Sayyid Muhammad

Gus Baha ngaji Kitab Syariatullah Alkholidah karya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.  1. Gus Baha mengakui Kitab karya Sayyid Muhammad Al...