Rabu, 26 Oktober 2016

Kelinci: Khasiat, tafsir mimpi dan hukum memakannya



Deskripsi

Kelinci merupakan salah satu hewan yang halal dimaka dan salah satu jenis binatang menyusui yang bertelinga panjang seperti corong dan berjalan dengan cara melompat. Kelinci aktif mencari makan pada malam hari, tapi ada pula yang mencari makan pada waktu senja dan fajar. Makanannya berupa rumput dan dedaunan. Untuk menghindari musuh, kelinci mengandalkan indera penciuman, pendengaran serta kemampuan berlari cepat dalam jarak pendek sambil mencari lubang atau liang untuk bersembunyi. Jika ada bahaya, kelinci menghentak-hentakkan kaki belakangnya pada tanah dengan suara cukup keras. Bunyi ini merupakan peringatan kepada kelinci lain agar waspada.

Kelinci melahirkan dua sampai delapan ekor anak, tapi ada pula yang melahirkan sampai lima belas ekor. Beberapa saat sesudah melahirkan, induk kelinci dapat kawin lagi. Dengan demikian, secara teoritis dalam setahun kelinci bisa melahirkan sepuluh kali. Namun angka kegagalan kelangsungan hidup embrionya cukup tinggi, yaitu mencapai 60 persen pada kelinci piaraan. Maka, kira-kira hanya tiga puluh ekor anak pertahun yang dihasilkan seekor induk.

Keistimewaan dan Khasiat

a.            Dalam satu keterangan disebutkan bahwa daging kelinci memiliki 70 khasiat, di antaranya untuk kecerdasan dan kesehatan.
b.            Kakinya bila dibuat kalung maka orang yang memakainya akan terhindar dari sihir, insya Allah.
c.             Otaknya bila dimakan oleh wanita yang akan melakukan hubungan seks, insya Allah akan segera hamil.
d.            Darahnya berguna menghilangkan penyakit panu dan bintik-bintik hitam di wajah (dioleskan), dan juga berguna mempercepat pertumbuhan gigi balita.
e.            Dagingnya berkhasiat mengobati penyakit beser.
f.             Otaknya bila dipanggang dan dimakan dengan cabai, dapat menghilangkan rasa gemetar dan menggigil.

Ta’wil Mimpi

a.            Dalam mimpi, kelinci pertanda wanita cantik yang tidak setia.
b.            Bermimpi menyembelih kelinci pertanda akan bercerai dengan istrinya.
c.             Bermimpi makan daging kelinci yang telah masak pertanda akan mendapatkan rejeki yang tidak terduga.
d.            Bermimpi diberi atau berburu kelinci pertanda akan memperoleh rejeki, atau akan segera kawin jika masih belum menikah.

Dasar Hukum

1) يَحِلُّ الضَّبُّ وَالضَّبْعُ وَالثَّعْلَبُ وَاْلأَرْنَبُ وَالْيَرْبُوعُ (رَوْضَةُ الطَّالِبِينْ: 2/578)
2) وَمِنْهُ اْلأَرْنَبُ، وَهِيَ مَأْكُولٌ لِمَا رُوِيَ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: أَنْفَجْنَا أَرْنَبًا بِمَرِّ الظَّهْرَانِ (اَيْ أَثَرْنَاهَا) فَأَدْرَكْتُهَا فَأَتَيْتُ بِهَا أَبَا طَلْحَةَ فَذَبِحَهَا وَبَعَثَ بِفَخْذِهَا إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَبِلَهُ (التِّبْيَانْ لِمَا يَحِلُّ وَيَحْرُمُ مِنَ الْحَيَوَانْ: 15-17). (حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيُّ فِي الْهِبَةِ وَمُسْلِمٌ فِي الصَّيْدِ وَالذَّبَائِحِ).

Lihat Juga: Garangan

Sumber: Fikih Fauna, Pustaka Sidogiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kekaguman Gus Baha' Pada Abuya Sayyid Muhammad

Gus Baha ngaji Kitab Syariatullah Alkholidah karya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.  1. Gus Baha mengakui Kitab karya Sayyid Muhammad Al...