SUPERVISI PENDIDIKAN MADRASAH
Supervisi Pendidikan
adalah
pembinaan berupa bimbingan atau tuntunan secara berkala ke arah perbaikan
situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu kegiatan belajar dan mengajar
pada khususnya.
Menurut istilah yang lain, definisi supervisi adalah
salah satu usaha menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinu
pertumbuhan guru-guru di madrasah baik secara individual maupun secara
kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi
pengajaran sehingga menjadi lebih baik. Supervisi dapat dilakukan oleh kepala madrasah, guru senior atau pihak
terkait yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas ini. Orang yang melakukan supervisi di sebut supervisor.
A.
Tujuan
Supervisi
Tujuan
umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan
bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut
mampu meningkatkan kwalitas kinerjanya, dalam menjalankan tugas
dan melaksanakan proses belajar mengajar.
1.
Meningkatkan mutu kinerja guru
-
Membantu guru dalam memahami tujuan
pendidikan dan apa peran guru dalam mencapai tujuan tersebut
-
Membantu guru dalam melihat secara lebih
jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan muridnya.
-
Membentuk moral kelompok yang kuat dan
mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif, bekerjasama secara akrab dan
bersahabat serta saling menghargai satu dengan lainnya.
-
Meningkatkan kualitas pengajaran guru baik
itu dari segi strategi, keahlian, metodologi dan alat pengajaran.
-
Menyediakan sebuah sistim yang berupa
penggunaan teknologi yang dapat membantu guru dalam pengajaran.
2.
Meningkatkan kwalitas kontrol dan evaluasi mutu dan kinerja guru.
Dalam hal ini, supervisi menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan bagi kepala
Madrasah untuk reposisi guru dan menetapkan kebijakan lain
yang berkenaan dengan guru
3.
Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga
berdaya guna dan terlaksana dengan baik
4.
Meningkatkan keefektifan dan keefesiensian
sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik
sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan murid
5.
Meningkatkan kualitas pengelolaan Madrasah
khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal yang
selanjutnya murid dapat mencapai prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan.
6.
Meningkatkan kualitas situasi umum madrasah
sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram serta kondusif yang akan
meningkatkan kualitas pembelajaran yang menunjukkan keberhasilan lulusan.
B.
Obyek Supervisi
Dengan melihat pada obyek yang
disupervisi, ada 3 macam bentuk supervisi:
- Supervisi Akademik:
Menitikberatkan pengamatan supervisor pada masalah-masalah akademik, yaitu
hal-hal yang berlangsung dalam lingkungan kegiatan pembelajaran pada waktu murid sedang dalam
proses mempelajari sesuatu. Supervisi ini dilakukan secara internal oleh pimpinan madrasah sendiri.
- Supervisi Administrasi:
Menitikberatkan pengamatan supervisor pada aspek-aspek administrasi yang
berfungsi sebagai pendukung dan pelancar terlaksananya kegiatan pembelajaran.
- Supervisi Lembaga:
Menyebarkan objek pengamatan supervisor pada aspek-aspek yang berada di madrasah.
Supervisi ini dimaksudkan untuk meningkatkan nama baik madrasah atau
kinerja madrasah secara keseluruhan. Misalnya:
Ruang Guru, Perpustakaandan
lain-lain.
Poin nomor
2 dan 3
dilakukan secara terpadu oleh supervisor yang terdiri dari unsur MMU Induk dan/atau unsur
Batartama.
c.
Prinsip-prinsip Supervisi
Secara sederhana prinsip-prinsip Supervisi adalah sebagai
berikut :
- Supervisi bersifat memberikan bimbingan
dan memberikan bantuan kepada guru dan staf Madrasah lain untuk mengatasi
masalah dan mengatasi kesulitan dan bukan mencari-cari kesalahan.
- Pemberian bantuan dan bimbingan
dilakukan secara langsung, artinya bahwa pihak yang mendapat bantuan dan
bimbingan tersebut menyadari sepenuhnya bahwa kegiatan supervisi bertujuan
untuk memberi masukan yang untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pihak yang
disupervisi.
- Apabila supervisor merencanakan akan
memberikan saran atau umpan balik, sebaiknya disampaikan sesegera mungkin
agar tidak lupa. Sebaiknya supervisor memberikan kesempatan kepada pihak
yang disupervisi untuk mengajukan pertanyaan atau tanggapan.
- Kegiatan supervisi sebaiknya dilakukan
secara berkala misalnya 3 bulan sekali, bukan menurut minat dan kesempatan
yang dimiliki oleh supervisor.
5.
Suasana yang terjadi selama supervisi
berlangsung hendaknya mencerminkan adanya hubungan yang baik antara supervisor
dan yang disupervisi tercipta suasana kemitraan yang akrab. Hal ini bertujuan
agar pihak yang disupervisi tidak akan segan-segan mengemukakan pendapat
tentang kesulitan yang dihadapi atau kekurangan yang dimiliki.
6.
Untuk menjaga agar apa yang dilakukan dan
yang ditemukan tidak hilang atau terlupakan, sebaiknya supervisor membuat catatan singkat, berisi
hal – hal penting yang diperlukan untuk membuat laporan.
Contoh Blangko Supervisi:
SUPERVISI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS
(OLEH KEPALA MADRASAH/SUPERVISOR)
Nama Madrasah :
Nama Guru :
Mata Pelajaran/ Fan : Jumlah
Jam Tatap Muka :
Hari/Tanggal :
Bulan/tahun :
Bab / fasal yang disupervisi :
No.
|
Sub Komponen dan
Butir Komponen Penilaian
|
Kondisi
|
Skor NIlai
|
Keterangan
|
||||
ya
|
tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Administrasi
guru
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik
Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
|
|
a.
Program dan Jurnal Mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kalender Pendidikan dan Jadwal Tatap Muka
|
|
|
||||||
c.
Absensi Murid
|
|
|
||||||
d.
Daftar Nilai
|
|
|
||||||
2
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Tahap
pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Melaksanakan Program dan Jurnal Mengajar
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Menyiapkan/ mengabsen murid
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Melakukan Apersepsi ( menjelaskan
lagi pokok materi sebelumnya )
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Memperhatikan kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
Memperhatikan ketertiban kelas
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
Penampilan guru
|
|
|
|
|
|
|
||
|
B. Tahap Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Cara Guru memberi makna kitab
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Cara Guru Menerangkan dan memberi
contoh
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Cara Guru Mengadakan Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Penguasaan Kelas dan komonikasi
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
Penguasaan Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
Sikap guru
|
|
|
|
|
|
|
||
|
C.
Penggunaan
Metode dan Alat
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Penggunaan Alat-alat Pembelajaran (Praga, dls)
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Kesesuaian Materi dengan Metode
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Membuat rangkuman/simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran yang sudah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
||
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
||
d.
Memberikan tugas terstruktur (PR)
agar murid belajar lagi di rumah
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Nilai Akhir = Skor Perolehan x 100
|
Skor
Maximal
Ketercapaian : 86% - 100% = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
-69% = Cukup
Dibawah
55% = Kurang
MASUKAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT DARI
SUPERVISOR :
|
Pasuruan,
……………………..
.........................,
……................................... 1438
.................................... 2016
Guru yang disupervisi Kepala
Madarasah
………………………………. ….............................................
Contoh Blangko Rekap Hasil Supervisi:
DAFTAR REKAPITULASI HASIL SUPERVISI
INTERNAL
MMU RANTING ..... |
……………………………….......
TAHUN PELAJARAN
.............../...................
No
|
Nama Guru
|
Tanggal
|
Mapel/Fan
|
Kelas
|
Pokok Bahasan/
Bab/Fasal
|
Hasil/Nilai
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Panduan Penilaian
SUPERVISI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS
(OLEH KEPALA MADRASAH/SUPERVISOR)
- Administrasi Guru
Ada
4 poin yang dinilai (poin a – d). Jika ada semua, maka nilainya 4. Satu poin
tidak ada, maka mengurangi 1 nilai. Lihat contoh tabel berikut:
No.
|
Sub Komponen dan
Butir Komponen Penilaian
|
Kondisi
|
Skor NIlai
|
Keterangan
|
||||
ya
|
tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Administrasi
guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Program dan Jurnal Mengajar
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
b.
Kalender Pendidikan dan Jadwal Tatap Muka
|
√
|
|
||||||
c.
Absensi Murid
|
|
√
|
||||||
d.
Daftar Nilai
|
√
|
|
No.
|
Sub Komponen dan
Butir Komponen Penilaian
|
Kondisi
|
Skor NIlai
|
Keterangan
|
||||
ya
|
tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
2
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Tahap
pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Melaksanakan Program dan Jurnal Mengajar
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Menyiapkan/ mengabsen murid
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Melakukan Apersepsi ( menjelaskan
lagi pokok materi sebelumnya )
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Memperhatikan kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
Memperhatikan ketertiban kelas
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
Penampilan guru
|
|
|
|
|
|
|
||
|
B. Tahap Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Cara Guru memberi makna kitab
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Cara Guru Menerangkan dan memberi
contoh
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Cara Guru Mengadakan Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Penguasaan Kelas dan komonikasi
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
Penguasaan Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
Sikap guru
|
|
|
|
|
|
|
||
|
C.
Penggunaan
Metode dan Alat
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Penggunaan Alat-alat Pembelajaran (Praga, dls)
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Kesesuaian Materi dengan Metode
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Membuat rangkuman/simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran yang sudah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
||
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
||
d.
Memberikan tugas terstruktur (PR)
agar murid belajar lagi di rumah
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar