Tidur setelah subuh hukumnya makruh karena waktu tsb adalah
saat dibagikannya rizki maka tidak baik tidur waktu itu. Ibnu Abbas pernah
melihat seorang anaknya yg tidur setelah subuh, beliau berkata :"
bangunkah, apakah engkau tidur di saat rizki dibagikan didalamnya. "dari
sebagian tabi'in bahwa sesungguhnya bumi berteriak karena tidurnya orang alim
setelah sholat subuh, hal itu disebabkan waktu tsb adalah waktu utk mencari
rizki dan berjalan di dalamnya secara syara' dan adat kebiasaan menurut orang-orang
yang berakal.
Kitab syarah mandumatul adab (2/355) karya syeh muhammad bin
ahmad as safarini
مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر
: ونومك بعد الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك
) أيها المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم
فيها ، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام
في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق .
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم
بعد صلاة الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء . وفي
الحديث { اللهم بارك لأمتي في بكورها } .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي
الله عنه { إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة } قال : ومعنى مبخرة تزيد في
البخار وتغلظه . ومجفرة قاطعة للنكاح . ومجعرة ميبسة للطبيعة " .
kitab tuhfatul habib syarah khotib:
وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول
النهار عيلولة وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة
في العقل وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث
الهلاك .
disebutkan dalam kitab tadzkiroh buah karya al-jalal
as-suyuthi bahwa:
tidur di permulaan siang (pagi hari) disebut 'ailulah yaitu
(menyebabkan) kefakiran.
tidur di waktu dluha disebut failulah, (menyebabkan)
kelemahan/lesu pada badan.
ketika tergelincir matahari (zawal) disebut qoilulah, dapat
menambah (kecerdasan) akal.
tidur setelah zawal disebut chailulah, yakni dapat
menghalangi antara orang itu dan sholat.
dan tidur di akhir siang (sore hari) disebut ghoilulah,
dapat menyebabkan binasa.
قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة
لكثر مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي
والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف البصر
والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في الولد
المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد
al-Munawy berkata : ”Ketahuilah,
sesungguhnya banyak tidur itu tidak terpuji, karena banyak menimbulkan
keburukan ukhrowi bahkan duniawi. karena banyak tidur itu menyebabkan lupa,
syubhat, rusaknya pembawaan tubuh dan jiwa, memperbanyak lendir, lemah
semangat/murung, melemahkan lambung, membuat muluk berbau busuk, menimbulkan
luka, melemahkan penglihatan, nafsu seksual sehingga tidak ada pendorong untuk
bersenggama, merusak (kandungan) air (pada tubuh), menyembahkan penyakit lumpuh
pada anak yang terbentuk dari air sperma itu ketika terbentuk, dan melemahkan
raga”.
هذا في النوم في غير وقت العصر والصبح ،
وأما فيهما فأعظم ضررا لأنه لا يمكن استقصاء مفاسده في العقل والنفس . ومنها أنه يورث
ضعف الحال بحكم الخاصية وعدم الإيمان بالبعث والنشور
"Hal ini untuk tidur di selain waktu ashar dan subuh, adapun
tidur di waktu tersebut lebih besar bahayanya, karena tidak mungkin menjelaskan
keburukan bagi akal dan jiwa. termasuk diantaranya: dapat melemahkan hal
(keadaan jiwa) dengan hikmah-hikmah yang tertentu, dan menyebabkan tidak
percaya (iman) dengan hari kebangkitan dan dikumpulkan di (makhsyar)"
wallaahu a'lam.
Sumber: piss ktb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar