Minggu, 31 Maret 2024

Tips Agar Pahala Puasa kita sempurna



 قال الغزالي: لا تظن أن الصوم هو ترك المفطرات فقد قال صلى الله عليه وسلم: "كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ اِلَّا الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ"  بل تمامُ الصّومِ : أن يكف الجوارح كلها عما كره الله من الغيبة والنميمة والنظر بالريبة، والنطق بمالا يعني، ونحو ذلك من المحرمات.

Imam Al-Ghazali berkata: Janganlah kamu mengira bahwa puasa itu berarti hanya meninggalkan dari hal-hal yang membatalkan puasa. Sungguh Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapat secuil apapun dari puasanya kecuali hanya lapar dan haus" bahkan, kesempurnaan puasa hanya bisa diperoleh dengan  menjauhkan seluruh anggota tubuh dari hal-hal yang dibenci Allah, seperti ghibah(bergosip), adu domba dan memandang dengan rasa curiga, dan berucap dengan yang tidak ada manfaatnya, dan hal-hal lain yang serupa dari perkara yang diharamkan oleh Agama.

كتاب : البركة في فضل السعي والحركة للامام جمال الدين محمد بن عبد الرحمن بن عمر الحُبَيْشِي الشافعي ص ٢١٢


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...