Sabtu, 23 Maret 2024

Wanita Haid Maksa Berwudu



Pertanyaan:

 Bolehkah Wanita yang sedang udzur (haid/nifas) melakukan wudlu'?


📝Jawaban:


Bagi wanita yang sedang dalam masa haidl atau nifas, haram melakukan sesuci dengan menghilangkan hadats. Maka, saat haidl atau nifas tidak boleh mandi besar atau wudlu dengan niat ibadah.


Referensi:


(Mughnil Muhtaaj: Maktabah Syamilah)


وَرَابِعُهَا: الطَّهَارَةُ لِرَفْعِ الْحَدَثِ فَتَحْرُمُ عَلَيْهَا إذَا قَصَدَتْ التَّعَبُّدَ بِهَا مَعَ عِلْمِهَا بِأَنَّهَا لَا تَصِحُّ لِتَلَاعُبِهَا. 


"Perkara yang haram bagi Wanita haid yang keempat adalah, bersesuci menghilangkan hadats, maka haram baginya ketika menyengaja ibadah, bersertaan mengetahui bahwa sesuci tersebut tidak sah karena main-mainnya."


(Syarah yaqutunnafis, Hal. 104)


ومن شروط صحة الوضوء النقاء عن الحيض والنفاس فلا يجوز للحائض والنفساء أن تتعبدا بالوضوء إذا قصدتا به العبادة، أما بقصد النظافة فهو خارج عن الموضوع


"Di antara syarat-syarat sahnya wudlu adalah suci dari haid dan nifas, maka tidak diperbolehkan bagi Wanita haid dan nifas untuk melakukan ibadah dengan wudlu, apabila menyengaja ibadah dengan wudlu tersebut. Adapun jika wudlunya dengan tujuan nadzofah (membersihkan diri) maka hal itu keluar dari hukum yang ditetapkan."


(شرح ياقوت النفيس، صحفة ١٠٤)


(Syarah yaqutunnafis, Hal. 177)


ويحرم على الحائض والنفساء ما يحرم على المحدث الجنب ويزاد الإستمتاع بما بين السرة والركبة والصوم والمرور في المسجد إن خافت تلويثه بالدم ويحرم عليها الطهارة بنية العبادة 


"Apa-apa yang diharamkan bagi orang berhadats dan orang junub, juga diharam bagi Wanita haid dan nifas dan ditambahi haram melakukan istimta' antara pusar dan lulut, puasa, melewati masjid (apabila khawatir mengotorinya dengan darah haid), haram juga bagi Wanita haid dan nifas melakukan thoharoh dengan niat ibadah."


 (شرح ياقوت النفيس صحفة ١٧٧)


(Kasyifatussaja, Hal. 32)


ومما يحرم على الحائض الطهارة للحدث بقصد التعبد مع علمها بالحرمة لتلاعبها فإن كان المقصود النظافة كأغسال الحج لم يمتنع 


"Termasuk perkara yang diharamkan atas perempuan haid adalah bersuci karena hadas dengan maksud beribadah yang disertai tahu akan keharamannya sebab talaub (bercanda). Apabila yang dimaksudkan adalah nadzofah (bersih-bersih), seperti; mandi-mandi dalam haji, maka tidak dilarang."

 (٣٢)كاشفة السجا، صحفة 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...