Minggu, 29 September 2024

Manfaat Mewarnai bagi Anak

Aktivitas mewarnai dan menggambar sama- berfungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya untuk melatih otak kanan dalam bidang seni. 

Pada tahap awal agar anak mendapatkan hasil yang lebih baik, kita dapat mengarahkan mereka untuk belajar mewarnai terlebih dahulu. Kemudian pada tahap selanjutnya baru mengarahkan anak untuk menggambar.
Ada banyak manfaat mewarnai bagi anak, yaitu :

• Melatih anak mengenal aneka warna dan nama-nama warna

• Melatih anak untuk memilihi kombinasi warna dan membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna

• Stimulasi daya imajinasi dan kreativitas

• Melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai

• Melatih anak mengenal garis batas bidang.

• Dimasa awal ketika anak memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya. Hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan anak merasa nyaman dan excited terlebih dahulu dengan aktivitas mewarnainya

• Melatih keterampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis

• Melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan. Mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. 

• Melatih konsentrasi anak untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktivitas lain yang terjadi disekelilingnya.

Orangtua perlu menyesuaikan kegiatan mewarnai dengan usia anak, biarkan anak melakukan kegiatan mewarnai sesuai kemampuannya.  

Jangan memberikan kata-kata yang cenderung melemahkan si anak seperti “Aduh kok enggak rapih sih, Kan”. Jangan mendikte anak sehingga membuat mereka merasa tertekan dan kehilangan semangat. Terkadang ada pula anak yang menjadi mogok mewarnai karena mendengar respon negatif dari orangtuanya. Misalnya “warnanya jangan keluar garis dong”, “kertasnya jangan sampai kotor”, “Punya kakak lebih bagus, adik juga dong” atau “jangan berantakan kasih warnanya.” 

Jadikan kegiatan sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Sumber Ide : Femi Olivia. Gembira Bermain Corat-coret. Jakarta : Kompas Gramedia.2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Mewarnai bagi Anak

Aktivitas mewarnai dan menggambar sama- berfungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya untuk melatih otak kanan dala...