Senin, 02 September 2024

Dajjal dan Ciri-cirinya




Dajjal disebut menjadi salah satu tanda kiamat yang akan muncul di akhir zaman dan akan menyesatkan banyak manusia. Ciri-ciri Dajjal telah dijelaskan dalam sejumlah hadits Nabi. 

Dajjal adalah sosok yang hadir di akhir zaman dan muncul saat banyak kekacauan yang terjadi di muka bumi ini. Dajjal akan mengaku bahwa dia adalah Tuhan yang memiliki kekuatan ajaib. Namun, ia bukanlah Tuhan, melainkan musuh Allah SWT dan umat Islam. 

"Bagaimana cara mengenalinya, Apa saja ciri-ciri Dajjal yang dijelaskan melalui dalil Islam?"

CIRI-CIRI DAJJAL MENURUT HADITS 

Beberapa ciri-ciri Dajjal telah disebutkan dalam hadits. Berikut di antaranya:

1). Matanya Buta Sebelah, Berdahi Lebar, Tubuhnya Agak Bongkok.
Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam kitab At-Tadzkirah menyebutkan hadits Abu Bakar bin Abu Syaibah dari Al-Filtan bin Ashim dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan ciri-ciri Dajjal. Dikatakan, Dajjal memiliki mata yang buta sebelah, berdahi lebar, dan tubuhnya agak bongkok. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Adapun al-Masih Adh-Dhalalah (Al-Masih pembawa kesesatan: Dajjal) adalah seorang lelaki yang berdahi lebar, picak mata kirinya, lebar lubang hidungnya, (tubuhnya) agak bongkok." 
📚 (HR Muslim dan dinilai shahih).

2). Berambut Keriting. 
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Dajjal adalah pemuda yang berambut keriting, matanya buta (sebelah kanan), aku cenderung menyerupakannya dengan Abdul Uzza bin Qathan. Barang siapa di antara kalian menjumpainya maka bacakanlah kepadanya permulaan surah Al Kahfi. Sesungguhnya Dajjal akan muncul di tempat sepi antara Syam dan Iraq. Lalu dia merusak ke kanan dan ke kiri. Wahai hamba-hamba Allah, teguhkanlah pendirian kalian!" 
📚 (HR Muslim).

3). Jarak antara Betisnya Berjauhan.
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan, keriting, buta sebelah, mata yang terhapus tidak terlalu menonjol, tidak pula terlalu ke dalam, maka jika dia melakukan kerancuan (mengaku sebagai Rabb) kepadamu, maka ketahuilah sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah."
📚 (HR Muslim).

4). Ada Tulisan "Kafir" di Dahinya.
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Dajjal mata sebelah kirinya cacat, rambutnya banyak, ia membawa surga/kebun dan api. Apinya adalah surga dan surganya adalah api." 

Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh aku tahu apa yang dibawa Dajjal. Bersamanya ada dua sungai yang mengalir. Sungai satu sungai terlihat dengan mata kepala. Airnya berwarna putih. Sungai yang satunya lagi terlihat juga dengan mata kepala, ada api bergejolak. Apabila seorang menemui sungai itu maka datangilah sungai yang dilihatnya api dan pejamkanlah matanya, kemudian tundukkan kepalanya, lalu minumlah dari sungai itu karena sesungguhnya itu air yang dingin. Dan sesungguhnya Dajjal matanya buta, di atasnya ada kulit putih tebal yang menutupinya, tertulis di antara kedua matanya "kafir". Tulisan itu dibaca oleh setiap mukmin yang menulis dan tidak menulis." 

Tipuan Dajjal yang Digambarkan dalam Hadits Tidak hanya ciri fisik yang aneh, Dajjal juga memiliki perilaku zalim dan sesat. Ia akan berusaha menipu manusia dengan berbagai cara. 

Mahir Ahmad Ash-Shufiy dalam kitab Asyrath As-Sa'ah Al-'Alamat Al-Kubra menyebutkan beberapa kemampuan luar biasa Dajjal yang tak lain hanyalah tipuan belaka, di antaranya: 
🔹Mengaku sebagai tuhan.
🔹Membawa surga dan neraka palsu.
🔹Membawa air dan api.
🔹 Membawa dua sungai yang mengalir.
🔹Mampu berjalan secepat awan yang ditiup angin. 
🔹Membawa bukit roti dan daging.
🔹Berteriak tiga kali dan terdengar oleh orang-orang barat dan timur.
🔹Menceburkan diri ke tengah laut selama tiga hari setiap hari dan air laut tidak sampai ke pinggulnya. 
🔹Menahan matahari dan melepaskannya.
🔹Memerintahkan benda dan hewan untuk menaati perintahnya serta memerintahkan langit untuk menurunkan hujan.
🔹Meminta bantuan setan.
🔹Membunuh seorang pria muslim, lalu menghidupkannya lagi. 
🔹Memerintahkan sungai agar mengalir.

KABAR KEMUNCULAN DAJJAL YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR'AN

Dajjal disebut akan muncul saat melemahnya agama dan mundurnya ilmu pengetahuan.
Sosok Dajjal tidak disebutkan secara langsung. Namun terdapat dalam kandungan surah Al-An'am ayat 158 yang artinya: 
"Yang mereka nanti-nantikan hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka, kedatangan Tuhanmu, atau sebagian tanda-tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dalam masa imannya itu. Katakanlah, "Tunggulah! Sesungguhnya Kami pun menunggu." 

Allah SWT berfirman dalam surah Al Isra' ayat 60 yang artinya: 
"(Ingatlah) ketika Kami berfirman kepadamu, "Sesungguhnya Tuhanmu (dengan ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi seluruh manusia." Kami tidak menjadikan ru'yā yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon yang terkutuk dalam Al-Qur'an. Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka." 

CARA MENGHINDARI FITNAH DAJJAL

Dajjal disebut sebagai pembawa fitnah terbesar. Setiap muslim bisa memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari fitnah Dajjal. Dalam kitab Rihlah Ila Ad-Dar Al-Akhirah karya Mahmud Al-Mishri Abu Ammar dikatakan, memohon perlindungan dari fitnah Dajjal dapat dilakukan ketika shalat setelah tasyahud dan sebelum salam. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam: "Jika seorang dari kalian bertasyahud, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat hal, dengan berdoa:

*اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ*

"Allahumma innii auudzubika min 'adzaabi jahannama wa min adzaabil qabri wa min fitnatil mahyaa wal mamati, wa min syarri fitnatil masiihid dajjaal. 

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah Al Masih Dajjal." 
📚 (HR Muslim).

CIRI-CIRI WANITA AKHIR ZAMAN YANG JADI GOLONGAN PENGIKUT DAJJAL 

Dajjal adalah salah satu tanda kiamat yang disebut dalam hadits shahih. Dajjal dikatakan memiliki banyak pengikut dalam kesesatan, salah satunya wanita akhir zaman. 

Munculnya Dajjal sebagai tanda kiamat ini disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Hudzaifah bin Usaid, sebagaimana dinukil dari kitab Nihayatul 'Alam karya Muhammad al-'Areifi. Hudzaifah menuturkan, pada suatu hari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menemui para shahabat ketika mereka sedang berbincang-bincang. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam lalu bertanya: "Apa yang sedang kalian perbincangkan".
Mereka menjawab: "Kami sedang memperbincangkan hari kiamat. 
Nabi Muhammad pun bersabda: "Sesungguhnya kiamat belum akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda: 
1). Kemunculan kabut.
2). Keluarnya Dajjal.
3). Keluarnya binatang melata.
4). Terbitnya matahari dari barat.
5). Turunnya Isa bin Maryam AS.
6). Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj.
7). Amblasnya bumi di tiga tempat, yaitu di timur, di barat, dan di Jazirah Arab. 
8). Lalu yang terakhir api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Padang Mahsyar." 
📚 (HR Muslim).

Hadits ini juga termuat dalam Musnad Ahmad dan Sunan Al-Arba'ah).

Sosok Dajjal digambarkan sebagai pemuda berambut keriting dan matanya buta sebelah. Ia akan membuat fitnah dan huru-hara di tengah-tengah umat manusia. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهُ شَابٌ قَطَطْ عَيْنُهُ قَائِمَةٌ كَأَنِّي أَشَبّهُهُ بِعَبْدِ الْعُزَّى بْنِ قَطَنٍ فَمَنْ رَآهُ مِنْكُمْ فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُورَةِ الْكَهْفِ إِنَّهُ يَخْرُجُ مِنْ خَلَّةٍ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ فَعَاثَ يَمِينًا وَعَاثَ شِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا.
Artinya: "Dajjal adalah pemuda yang berambut keriting, matanya buta (sebelah kanan), aku cenderung menyerupakannya dengan Abdul Uzza bin Qathan. Barang siapa di antara kalian menjumpainya, maka bacakanlah kepadanya permulaan surat Al Kahfi. Sesungguhnya, Dajjal akan muncul di tempat sepi antara Syam dan Iraq. Lalu, dia merusak ke kanan dan ke kiri. Wahai hamba-hamba Allah, teguhkanlah pendirian kalian".
📚 (HR Muslim).

GOLONGAN PENGIKUT DAJJAL.

Dajjal mempunyai pengikut yang terdiri dari beberapa golongan. Setidaknya ada enam kelompok besar Dajjal yang tersebar di muka bumi. Di antaranya:
1). Yahudi.
2). Setan dan jin.
3). Orang dengan perilaku seks menyimpang.
4). Orang yang bermaksiat.
5). Wanita akhir zaman.
6). Kelompok khawarij (mudah mengkafirkan orang). 

Golongan pengikut Dajjal paling banyak berasal dari Yahudi dan wanita. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:  "Mayoritas pengikut Dajjal adalah Yahudi dan wanita." 
📚 (HR Ahmad) 

CIRI-CIRI WANITA PENGIKUT DAJJAL 

Ciri-ciri wanita akhir zaman yang jadi pengikut Dajjal adalah mereka yang keimanannya paling lemah. 

Dalam Asyrath As-Sa'ah Al-'Alamat Al-Kubra karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy dikatakan, sampai-sampai seorang pria menahan ibunya, putrinya, saudarinya, dan bibinya karena khawatir mereka akan menemui Dajjal. Hal itu dikatakan dalam hadits Ibnu 'Umar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَنْزِلُ الدَّجَّالُ فِى هَذِهِ السَّبَخَةِ بِمَرِّ قَنَاةَ فَيَكُونُ أَكْثَرَ مَنْ يَخْرُجُ إِلَيْهِ النِّسَاءُ حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ لِيَرْجِعُ إِلَى حَمِيمِهِ وَإِلَى أُمِّهِ وَابْنَتِهِ وَأُخْتِهِ وَعَمَّتِهِ فَيُوثِقُهَا رِبَاطاً مَخَافَةَ أَنْ تَخْرُجَ إِلَيْهِ.

Artinya: "Dajjal akan turun ke Mirqonah (nama sebuah lembah) dan mayoritas pengikutnya adalah kaum wanita, sampai-sampai ada seorang yang pergi ke istrinya, ibunya, putrinya, dan saudarinya dan bibinya kemudian mengikatnya karena khawatir keluar menuju Dajjal."
📚 (HR Ahmad).

Wanita yang keimanannya lemah akan lalai dari menyembah Allah SWT. Mereka akan tenggelam dalam kesenangan dunia. 

*"Berapa Lama Dajjal Tinggal di Bumi Sebelum Kiamat...?"*

Jawabannya: Sebelum kiamat tiba, makhluk yang disebut Dajjal akan singgah di muka Bumi. Dajjal adalah seorang manusia keturunan Nabi Adam AS yang kelak akan menyebarkan fitnah kepada umat manusia. Fitnah dajjal merupakan fitnah yang paling besar sebab Allah SWT telah memberikan hal-hal yang luar biasa kepadanya sehingga mampu memukau dan membingungkan akal pikiran manusia.

Sosok Dajjal akan bertingkah laku seperti orang shaleh yang mengajak manusia kepada kebaikan sehingga banyak orang bodoh dan tidak beriman akan menganggapnya sebagai Tuhan. 

Kemunculan dajjal di muka bumi turut diterangkan dalam riwayat dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

اَلدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنَ الْأَرْضِ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا حُرَسَانٍ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوْهُهُمُ الْمَجَانُ الْمُطْرَقَةِ.

"Dajjal akan keluar dari bumi sebelah timur (masyriq) yang bernama Khurasan. Pengikutnya adalah kaum yang wajah-wajah mereka bagaikan pemukul yang tebal dan keras."
📚 (HR. Abu Isa At-Tirmidzi). 

*"Lantas berapa lama dajjal tinggal di bumi sebelum kiamat...?"*

Berikut ini penjelasannya. Lama Waktu Dajjal Tinggal di Bumi Dilansir dari buku Tamasya ke Negeri Akhirat karya Syaikh Mahmud Al-Mishri, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, lama Dajjal tinggal di bumi hanya dalam kurun waktu 40 hari. Akan tetapi, 40 hari tersebut lamanya tidak sama seperti hari-hari yang dirasakan umat manusia saat ini. KH

Hal ini sebagaimana diterangkan dalam hadits, para shahabat pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang lama waktu Dajjal tinggal di bumi. 

Mereka bertanya: "Wahai Rasulullah, berapa lama ia akan tinggal di bumi...?"

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kemudian menjawabnya:
"Empat puluh hari. Satu hari itu bagaikan satu tahun, satu hari lainnya bagaikan satu bulan, dan satu hari lainnya bagaikan satu Jum'at. Sedangkan hari-hari lainnya bagaikan hari-hari kalian." 

Para shahabat bertanya kembali: "Wahai Rasulullah, apakah satu hari yang bagaikan satu tahun itu cukup bagi kami untuk sholat satu hari di dalamnya?" 
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab: "Tidak, ukuran harinya itu menurut ukuran Dajjal."
📚 (HR Muslim). 

Pada saat Dajjal tinggal di bumi nantinya, kaum yang beriman akan berhamburan lari ke gunung-gunung sebab mereka takut terkena fitnahnya. 

Bahkan, dikatakan akan ada orang yang mengikat orang tua atau anaknya karena khawatir mereka akan keluar rumah dan mengikuti Dajjal. 

Peristiwa itu diterangkan dalam riwayat dari Ummu Syarik RA, ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Orang-orang yang berada di gunung-gunung anak berlari dari Dajjal." 

Kemudian Ummu Syarik bertanya:
"Ya Rasulullah, pada saat itu di manakah orang-orang Arab berada?"

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjawabnya:
"Pada saat itu jumlah mereka sangat sedikit." 
📚 (HR Muslim). 

TEMPAT² DI BUMI YANG DISINGGAHI DAJJAL SELAMA TINGGAL DI BUM

Dajjal akan terus melanglang buana hingga tidak tersisa satu negara pun yang dijelajahinya dengan kuda dan kakinya, kecuali Makkah dan Madinah. Hal ini dinyatakan dalam sejumlah riwayat yang dikutip dari buku Mengungkap Berita Besar dalam Kitab, Suci oleh Abd al-Wahhab Abd al-Salam Tawilah.

Diriwayatkan dari Ahmad dengan sanad yang baik, ia berkata, "Dajjal melewati bumi ini dalam empat puluh malam, kecuali Thayyibah (Madinah)."

Selain itu, dalam hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA turut disebutkan: "Dan ia mempunyai empat puluh hari berjalan di bumi. la menahan air dan tempat minum, kecuali Madinah dan Makkah karena Allah telah mengharamkan keduanya bagi Dajjal dan para malaikat selalu berdiri di kedua pintunya." 
📚 (HR Ahmad dan Hakim). 

Keberadaan Dajjal kelak juga akan mendatangi setiap rumah di padang sahara. Sebagaimana diriwayatkan dari Junadah bin Abu Umayyah, ia menceritakan bahwa dirinya pergi bersama seorang Ansar menemui Nabi Shallallahu alaihi wa sallam lalu mengatakan apa yang pernah didengarnyaBeliau tentang Dajjal. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: "Sesungguhnya Dajjal berada di bumi selama empat puluh pagi dan akan mendatangi setiap rumah di padang sahara, tetapi tidak mendekati empat masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjid Madinah, Masjid Thur, dan Masjidil Aqsa." 
📚 (HR Ahmad). 

Itulah lama waktu dajjal tinggal di bumi sebelum kiamat terjadi kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...