Kamis, 26 September 2024

Cara Mendidik Anak Usia Dini



BAGAIMANA MENDIDIK ANAK USIA 12 DAN 9 TAHUN ? 

Jawaban Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani :

1️⃣Hal pertama adalah mengajak mereka untuk banyak shalawat, mengenalkan Sayyiduna Nabi Muhammad ﷺ, membacakan sirah beliau,mengajak mereka untuk mengidolakan orang-orang mulia agar mereka berkeinginan untuk mengikuti jejak mereka.

2️⃣Hal kedua adalah menjadi suri teladan yang baik untuk mereka dalam penerapan agama seperti tidak berbicara dengan penuh emosi, tidak marah berlebihan sehingga mereka tumbuh dengan bicara dengan suara rendah, sabar, tidak cepat marah.

Anak-anak itu mencontoh orang tuanya..

Kalau orang tua bicara dengan suara tinggi, anak juga begitu..

Orang Tua pemarah maka anaknya juga tumbuh seperti itu..

Orang Tua yang tidak mau mengalah maka anaknya juga ikutan.

3️⃣Memberi mereka makanan yang halal ini merupakan hal yang sangat penting.

4️⃣Mengajak baca Dalail al-Khairat.. 

5️⃣Menumbuhkan pada mereka kecintaan pada ahli al-bait.

6️⃣Membawa mereka shalat jum'at agar mendengarkan khutbah, mengajak mereka ke majlis-majlis ilmu.Meskipun kecil, tapi mereka menyimpan banyak ilmu dari yang mereka dengar.

7️⃣Membawa mereka untuk bertemu tokoh2 mulia dan shaleh boleh jadi dapat do'a mereka.Boleh jadi ada wali yang meletakkan tangan pada mereka.Sentuhan wali itu membuat keberkahan sehingga mereka hidup di dalamnya sepanjang hidup mereka.

8️⃣Pura-pura tidak mengetahui beberapa kekurangan yang mereka lakukan.

"Sayyiduna Nabi Muhammad ﷺ Memalingkan mata dari hal-hal yang tidak disukai".. jadi tidak usah terus menerus sepanjang hari berkomentar buruk, meminta "lakukan ini, lakukan itu" sehingga membuat anak-anak lelah & kamu pun juga lelah..

Nyantailah..tidak perlu lah matamu siap menangkap kesalahan mereka.. memangnya kamu ingin Allah subhanallah wa taala Membinasakanmu langsung ketika kamu salah untuk pertama kalinya?!

Anak-anaku dulu pas masih kecil kadang mengatakan: "Baba, kami tidak mau belajar". Jadi aku mengatakan pada mereka: "Tidak apa-apa, tidak masalah tidak naik tahun ini, nanti tahun depan naik". Aku pun meminta isteriku untuk membawa mereka ke Nadi (pusat mainan)....

9️⃣Jangan membuat mereka kelelahan secara berlebihan, kalau mereka tumbuh dengan kecintaan pada Sayyiduna Nabi Muhammad ﷺ, sentiasa shalat dan tidak punya ketakutan yang berlebihan.. nanti mereka shaleh & mencintai ilmu..

Tidak mesti kekhawatiran gagal, sehingga anakmu itu tertekan.. berujung mereka jadi cacat mental..

Jangan tekan mereka!Jangan ajari mereka kecuali mereka dalam keadaan mencintai ilmu..

Tidak masalah tidak lulus tahun ini.. kegagalan adalah kesempatan untuk lebih matang.. Seseorang belajar dari kesulitan dan kegagalan lebih dari belajar dari kesuksesan.

Aku nih 50 tahun di bidang pembedahan.. aku belajar dari operasi-operasi yang gagal lebih dari belajar dari operasi-operasi yang sukses.. Para pasienku yang tidak langsung sembuh itu membuat aku belajar banyak..

Jadi gagal itu tidak masalah.. belajar & merasakan pedihnya kegagalan.

🔟Nah ketika mereka gagal atau mendapat akibat buruk dari pilihan mereka sementara kamu sudah menasehati mereka; maka tidak perlu mengatakan pada mereka "Bukankah sudah aku katakan!". 

Kata seperti itu menunjukan bahwa kamu menghina atau senang dengan kegagalannya, sehingga membuatnya lari darimu & tidak mau lagi bercerita padamu..

Kamu komentari saja: "Tidak masalah, toh kamu mendapat pengalaman".

Kamu mesti punya hubungan pertemanan dengan anak-anak mu... biarkan dia bebas bicara seperti dia nyantai bicara dengan teman-temannya tanpa takut kamu menghinanya..

Tidak mesti kamu terus menerus mengatakan: "Bukankah aku sudah katakan! Kamu yang tidak mau mendengarkan..".

~ Faedah dars siang jum'at, 20 Agustus 2021M. Masjid al-Asyraf. Muqattam.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ

Sumber : Ustadzah Hilma Rosyida Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Mewarnai bagi Anak

Aktivitas mewarnai dan menggambar sama- berfungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya untuk melatih otak kanan dala...