Marah, Selagi ditahan dan tidak menampakkannya kepada keduanya, hanya dalam hati, masih ditoleransi. Menurut Imam As-Subki Durhaka adalah menyakiti keduanya dengan cara apapun, sedikit ataupun banyak, asal tidak menyakitinya itu bukan berbuat maksiat.
وَقَالَ الشَّيْخ تقي الدّين السُّبْكِيّ: إِن ضَابِط العقوق إيذاؤهما بِأَيّ نوع كَانَ من أَنْوَاع الْأَذَى. قل أَو كثر، نهيا عَنهُ أَو لم ينهيا أَو يخالفهما فِيمَا يأمران أَو ينهيان بِشَرْط انْتِفَاء الْمعْصِيَة فِي الْكل
[بدر الدين العيني ,عمدة القاري شرح صحيح البخاري ,22/86]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar