Sabtu, 22 Juni 2024

Jagalah Shalat Jamaah Anda

 



فإياك أن تتخلف عن صلاة الجماعة لغير عذر ناجز يمكنك أن تعتذر به بين يدي الله علام الغيوب


‘‘Janganlah engkau tinggalkan sholat jama’ah tanpa udzur yang nyata dan bisa engkau kemukakan di hadapan Alloh Tuhan Yang Maha Mengetahui segala yang ghoib.


وإن بدا لك القعود في بيتك لأمر رأيت فيه خيراً وصلاحاً لك في دين أو دنيا، فاخرج إلى المسجد أوقات الصلوات لتصليها في جماعة، أو خذ إليك من يصلي معك في بيتك ولو واحداً حتى تسلم من الحرج، وتفوز بالثواب،


Jika engkau berpendapat untuk tinggal dirumahmu untuk suatu hal yang engkau anggap baik mengenai urusan agama atau dunia, maka keluarlah ke masjid di waktu-waktu sholat supaya engkau mengerjakannya dalam jama’ah atau ajaklah seseorang untuk sholat bersamamu di dalam rumahmu, walaupun hanya seorang sehingga engkau selamat dari dosa dan mendapat pahala.


فإن الجماعة يحصل بإمام ومأموم، وكلما كثروا كان أفضل.


Keutamaan sholat berjama’ah terdapat pada seorang imam dan ma’mumnya. Semakin banyak ma’mumnya, semakin banyak pula keutamaannya.


وتزكو الصلاة ويزيد ثوابها خلف الأئمة من أهل الخير والصلاح، وترجح على اللاة خلف من ليس بهذا الوصف.


Sholat menjadi bersih dan pahalanya bertambah di belakang imam-imam yag baik dan sholih dan lebih utama daripada sholat di belakang orang yang tidak memiliki sifat ini.


فينبغي أن تتحرى وتجتهد أن تصلي خلف الأئمة المعروفين بالتقوى، وهذا من حيث الأفضل والأولى، وإلا فقد قال عليه الصلاة والسلام : (صلوا خلف كل بر وفاجر).


Maka berusahalah sedapat mungkin untuk shalat di belakang imam-imam yang dikenal ketakwannya. Ini adalah dalam hal yang lebih baik dan lebih utama karena Nabi shollallohu 'alaihi wassalama, bersabda : “Sholatlah kalian di belakang setiap orang yang baik dan fajir”


[النصائح الدينية والوصايا الإيمانية للإمام الحبيب عبد الله بن علوي الحداد رضي الله عنه نفعنا به وبعلومه وببركاته في الدارين ويحفظنا بجاهه]


📡Referensi :

📚[Nashoihud Diniyyah wal Washoyal Imaniyah lil Imam Habib Abdulloh Bin Alwy Al-Haddad]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...