Selasa, 16 Juli 2024

Amalan-Amalan Yang Dianjurkan Di Hari Asyura

 


Amalan utama untuk memperingati peristiwa-peristiwa besar tersebut menurut Rasululloh ﷺ  adalah :


▶️Puasa Asyuro' 

Berdasar pada hadits Rasululloh ﷺ dari Abu Qotadah al-Anshori, bahwasanya ia berkata:

"Rasululloh ﷺ ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, 'Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.' Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, 'Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu."


▶️Meluaskan Belanja pada Hari Asyura (Mayoran).

Barangsiapa meluaskan rizqi (memberikan nafkah yang lebih banyak) kepada keluarganya pada hari asyuro, niscaya Alloh Ta'ala meluaskan rizqi baginya sepanjang tahun (Sufyan bin Uyainah).


Abu Sa'id al-Khudri berkata, Rasululloh ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang menjadikan kaya keluarganya (dalam hal belanja dan makanan) pada hari Asyura, maka Alloh Ta'ala akan menjadikannya kaya selama satu tahun tersebut.”

(HR. At-Thobaroni dan al-Baihaqi).


▶️Bersedekah

Abu Musa al-Madini meriwayatkan dari Ibnu Umar RA,

"Barang siapa berpuasa pada hari Asyura seakan-akan puasa satu tahun. Dan barang siapa bersedekah pada hari Asyura maka seperti sedekah satu tahun."

(HR Al-Bazzar)


▶️Menanggung hidup & mengasihi anak yatim.

Tidak kita pungkiri bahwa menyantuni anak yatim adalah satu amal yang mulia. Bahkan Rasululloh ﷺ menjanjikan dalam sebuah hadits:

Dari Sahl bin Sa'ad radhiallahu anhu dia berkata: Rasululloh ﷺ  bersabda : "Saya dan orang yang menanggung hidup anak yatim seperti dua jari ini ketika di surga.” Beliau berisyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah, dan beliau memisahkannya sedikit.”

(HR. Bukhari)


dan masih banyak lainnya


sumber: Taqriratus Sadidiah, Al-Bajuri dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...