Jumat, 19 Juli 2024

Nasehat Imam Al Haddad Untuk Shalat Kita

 



واعلموا معاشر الإخوان - فقهنا الله وإياكم في الدين، وألهمنا رشدنا، وأعاذنا من شر أنفسنا، أن الصلاة عماد الدين، وأجل مباني الإسلام الخمس بعد الشهادتين.


Wahai para saudara, semoga Alloh memberi kita pengertian tentang agama dan mengilhami kita kebenaran serta melindungi kita dari kejahatan diri kita ketahuilah bahwa sholat adalah tiang agama dan bangunan Islam yang paling agung diantara kelima bangunannya sesudah dua kalimat syahadat.



ومحلها من الدين محل الرأس من الجسد، فكما أنه لا حياة لمن لا رأس له، فكذلك لا دين لمن لا صلاة له، كذلك ورد في الأخبار.


Tempatnya dalam agama adalah seperti tempat kepala terhadap tubuh. Maka sebagaimana orang yang berkepala tidak bisa hidup, demikian pula orang yang tidak mengerjakan sholat berarti tidak beragama. Demikianlah yang disebutkan dalam khobar-khobar.



جعلنا الله وإياكم من المحافظين على الصلاة، المقيمين لها، الخاشعين فيها، الدائمين عليها، فبذلك أمر الله عباده المؤمنين في كتابه وبه وصفهم.


Semoga Alloh menjadikan kita termasuk orang-orang yang memelihara sholat, mendirikan dengan khusyu’ dan tetap mengerjakannya. Itulah yang diperintahkan Alloh kepada para hamba-Nya yang beriman dalam kitab-Nya dan demikianlah Alloh menggambarkan mereka.



فقال عز من قائل : حَافِظُواْ عَلَى الصَّلَوَاتِ والصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَقُومُواْ لِلّهِ قَانِتِينَ). [البقرة : ٢٣٨]


Alloh azza wa jalla berfirman : “Peliharalah segala sholat-(mu) dan (peliharahlah) sholat wustho (pertengahan). Berdirilah karena Alloh (dalam sholatmu) dengan khusyu” (Al-Baqoroh : 238)



فالصلوات هي المكتوبات الخمس : الظهر، والعصر، والمغرب، والعشاء، والصبح. فتلك هي الصلوات التي لا يسع أحداً من المسلمين ترك شيء منها في حال من الأحوال ما دام يعقل، ولو بلغ به العجز والمريض إلى أقصى غاياته.


Yang dimaksud dengan segala sholat adalah sholat lima waktu yang wajib yaitu Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya, Shubuh . Itulah sholat-sholat yang tidak boleh ditinggalkan orang muslim dalam keadaan apa pun selama ia berakal, sekali pun dalam keadaan tak berdaya dan sakit.



والصلاة الوسطى: هي العصر كما ورد به الحديث الصحيح خصها الله بالذكر لزيادة الفضل والشرف، وذلك معروف ومشهور في الإسلام.


Sholat wustho adalah sholat ashar , sebagaimana disebutkan dalam hadits shohih Alloh ta’ala mengkhuhuskan sebutannya karena sholat itu memiliki kelebihan dalam keutamaan dan kemuliaannya. Hal itu masyhur dalam Islam.



[النصائح الدينية والوصايا الإيمانية للإمام الحبيب عبد الله بن علوي الحداد رضي الله عنه نفعنا به وبعلومه وببركاته في الدارين ويحفظنا بجاهه]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...