Minggu, 25 Agustus 2024

Propoganda dibalik ungakapan 'Kembali Pada Al-Quran & As-Sunnah'



Propoganda dibalik Ungkapan: Kembali Kepada Al-Quran & Hadis

Syaikh Alisyh Al-Maliki berkata:
Menyuruh orang awam dengan mengikut al-Kitab dan As-Sunnah merupakan ungkapan benar namun dibuat tujuan yang salah, karena maksud tersembunyi dari perkataan itu adalah menyuruh untuk meninggalkan Madzhab dan mengambil hukum tanpa perantara ulama, ini jelas sesat, itu menunjukkan kebodohan si pengajar, karena tidak mungkin tahu Hadis yang di-Nusakh, yang doif, yang ditinggalkan karena bertentangan dengan dalil lain, kecuali para imam mujtahid. 
Dan Mujtahid Madzhab empatlah yang sampai saat ini pemikiran keilmuannya terkodifikasi dengan baik, karena banyak yang ahli dibidangnya dari golongan mereka. 
Makanya menyuruh keluar dari mengikuti mereka adalah sebuah kebodohan dan kedurhakaan

قال الشيخ محمد عليش المالكي (ت. ١٢٩٩ هـ):

"وأمرُ عوامِّ الناسِ باتباع الكتابِ والسنةِ كلمةُ حقّ أريدَ بها باطل؛ إذ مراده تركُ المذاهبِ المتبعةِ وأخذُ الأحكامِ من الكتاب والسنة بلا واسطة، و هذا ضلالٌ، والأمر به أدلُّ دليل على الجهل؛ إذ من المعلوم لكل أحد أنّ النصوص منها المنسوخ، ومنها المردود؛ لطعنٍ في رواته، ومنها ما عارضه أقوى منه فتُرِك، ومنها المطلق في محل وقد قُيِّد في محل آخر، و منها المصروف عن ظاهره لأمر اقتضى ذلك، ومنها و منها ... إلخ، ولا يحققُ ذلك إلا الأئمةُ المجتهدون، و أعظم ما حُرِّرَ من مذاهب المجتهدين مذاهبُ الأئمة الأربعة المتبعين؛ لكثرة المحققين فيها، مع سَعة الاطلاع، وطول الباع. فالخروج عن تقليدهم ضلال، والأمر به جهل وعصيان."

*الفتح العلي المالك في الفتاوى على مذهب الإمام مالك ج ١ ص ١٩٩ ط دار الفكر


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...