Jumat, 09 Agustus 2024

Dikala 300 Mufti VS 1 'Pembegal'



Tiga Ratus Mufti Tarim mengitsbat Nasab Ba ‘Alawi pada Abad 7-8 H

(Manuskrip Al-Jauharusy-Syaffaf karya Syekh Khotib (7-8 H) yg berada di Maktabah Al-Ahqaff Tarim no 1535 ditulis Tahun 1256 H)


Kata pepatah Arab

 بلديّ الرجل أعلم به من غيره

 ‘Penduduk Setempat lebih tau ketimbang orang lain’. Pepatah ini tepat bagi para Imadiyyah yang mereka tidak tau seluk beluk Hadhramaut dengan tradisi kabilah yang masih kuat mengakar hingga sekarang. Jika Imadiyah tidak tau tentang ‘apa’, seperti apa, ‘Ba ‘Alawi apa Masyhur turun temurun di Hadhramaut’ dll. Maka jawabannya satu apa ada yang mengingkari mereka di tanah kelahiran mereka? Maka pepatah di atas sangat tepat untuk rujukan, ‘Tanyakan ulama setempat’.


Baca Juga: Skakmat dari Syaikh Ali Jumah

Nah, saya sodorkan sejarawan Hadhramaut yang masyhur alim fikih menjadi rujukan dalam sejarah dan fikih dari abad kesembilan dulu ya. Beliau hidup di abad ke-9. Beliau ialah Syekh Abdullah At-Thayyib bin Ahmad Ba Makhramah yg dikenal dengan Ba Mkahromah (870-947 H) . kealiman fikih dan sejarahnya tidak perlu dipertanyakan. Dalam kitab karya beliau Qiladatun-Nahr fi wafayati A’yanid-Dahr (6 jilid) menyebutkan, bahwa Ahmad bin Isa al-Muhajir pindah dari Bashrah Bersama keluarganya hingga sampai Hadhramaut. Yang mana Ahmad bin Isa ialah Datuk dari Sadat Ba ‘Alawi. 
العشرون الخامسة من المائة الثالثة
[الاعلام]
1326 - [أحمد بن عيسى المهاجر] (1)
أحمد بن عيسى بن محمد بن علي بن جعفر الصادق بن محمد الباقر بن علي زين العابدين بن الحسين بن علي بن أبي طالب رحمهم الله، ورضي عنهم أجمعين.
خرج أحمد المذكور من البصرة خامس خمسة غير الخدم متنقلا بأهله وماله وولده حتى قدم حضر موت، وكلما أقام ببلدة منها .. اشترى عقارا، فأول ما أقاموا بالحسيّسة، ثم انتقلوا منها إلى قارة جشيب، ثم انتقلوا منها إلى سمل، ثم انتقلوا من سمل إلى بيت جبير، واحتفروا فيها بئرا، وهي الآن معروفة ببئر أحمد، ثم انتقلوا من بيت جبير إلى تريم واستوطنوها، وبنوا فيها مسجدهم المعروف الآن بمسجد آل أحمد، وهو مسجد بني أحمد بن عيسى المذكور. وأحمد بن عيسى هذا .. هو جد السادة آل باعلوي نفع الله بهم. وتوفي أحمد المذكور بالحسيسة المذكورة، وقبره في شعبها. (قلادة النحر في وفيات أعيان الدهر، 2|618-619)



Terkait Nama Abdullah dan Ubaidillah
Lalu, beliau melanjutkan:
وخلّف أحمد المذكور ولدا يسمى: عبيدا بالتصغير، ويقال له أيضا: عبد الله. فاشتهر بذلك عند آل حضر موت، والله سبحانه أعلم.
“Ahmad bin Isa memiliki putra Bernama Ubaid (Tashgir dari Abdullah). Dia juga dipanggil dengan Abdullah. Nama Ubaidullah menjadi masyhur bagi kabilah Hadhramuat.”
Beliau melanjutkan:
وخلف عبيد ثلاثة من الولد وهم: بصري، جدّ الفقيه سالم بن بصري المذكور في أوائل المائة السادسة (2)، والشيخ جديد، جد الإمام المحدث علي بن محمد بن أحمد بن محمد بن علي بن محمد بن جديد الآتي ذكره في أوائل المائة السادسة أيضا (3)، والشيخ علوي، وانقرض نسل الشيخ بصري وجديد ولدي الشيخ عبيد على رأس الست مائة، ولم يبق لهما عقب، إلا نسل الشيخ علوي بن عبيد جد آل باعلوي.
“Ubaid memiliki tiga putra: Bashri (Kakek dari Al-Faqih Salim bin Bashri (abad ke 6 H), Jadid (Kakeknya Imam Mughaddits Ali bin Muhammad -sampai- bin Jadid (Ulama Abad ke 6 H)), yg ketiga ‘Alawi’. Keturunan Bashri dan Jadid terputus (tidak berlanjut). Namun, Putra Ubaidillah di puncak abad ke-6 Hijriah tidak memiliki keturunan kecuali keturuan Syaikh Alawi bin Ubaidillah yang menjadi ‘Datuk Sadat Ba’ Alawi’.”

Tidak berhenti di situ, bahkan beliau menyebutkan 300 mufti Tarim yang meng-itsbat nasab Ba ‘Alawi dan ditetapkan nasab Ba ‘Alawi di depan Hakim dengan 100 saksi. Hingga para ulama dan orang2 salih ijma’ atas shahihnyab nasab Ba ‘Alawi. Berikut redaksi ibaratnya,
قال الخطيب: (ولما قدم أحمد بن عيسى المذكور ومن معه إلى حضر موت، وادعوا النسبة الشريفة .. اعترف لهم أهل حضر موت بالفضل وما أنكروه، ثم إنهم بعد ذلك أرادوا منهم إقامة البينة توكيدا لما ادعوه، وكان بتريم إذ ذاك ثلاث مائة مفت، فسار الإمام المحدث علي بن أحمد بن أبي جديد إلى البصرة، وأثبت نسبتهم عند قاضيها، وأشهد على إثبات القاضي نحو مائة شاهد ممن يريد السفر إلى الحج، ورقب بمكة حجاج حضر موت على أولئك الشهود، فلما قدموا حضر موت، وشهدوا بذلك .. اعترف الناس لهم بالنسبة الشريفة، وأقروا لهم بالفضل والحرمة، وأجمع على ذلك العلماء والصالحون.

Syekh Ba Makhromah menukil Riwayat di atas dari kitab Al-Jauharusy-Syaffaf karya Syekh Abdurrahman bin Muhammad al-Khathib (724 H). Kitab al-Jauharusy-Syaffaf masih dalam bentuk manuskrip di Maktabah Al-Ahqaf Tarim nomor 1535 dengan Salinan naskah pada tahun 1256 H. Saya tampilkan di SS bawah (alhamdulillah saya punya pdfnya).
Dalam itsbat nasab cukup adanya saksi dua adil. Lebih-lebih, 300 Mufti meng-itsbat dan disaksikan oleh 100 saksi lebih itu jauh lebih dari cukup dalam penetapan nasab.
Mau tau siapa aja yang mengitsbat dan men-tashih nasab Ba ‘Alawi di antara abad ke 7 dan 8?

Yuk kita lanjutkan nukilan dari Jauharusy-Syaffaf yg dinukil oleh Seykh Ba Makhromah dalam kitab Qiladah-nya berikut;
قال: (وممن صحح علوّ شرفهم وصحة نسبهم الإمام محمد بن أحمد بن أبي الحب، والإمام أبو العباس أحمد بن محمد بن أحمد بن سالم المرواني التريمي، والإمام العلامة المحدث قطب الدين عمر بن علي، والإمام القطب عبد الله بن أسعد اليافعي، والإمام الجليل محمد بن أبي بكر عباد، والشيخ الشهير فضل بن عبد الله فضل، والقاضي المحقق عبد الرحمن بن أبي علي بن حسان، والفقيه العالم مسعود بن أبي شكيل في كتابه الذي ألفه في العلماء والصالحين) (4) انتهى، والله أعلم.

Setidaknya di antara Abad ke-7 dan 8 ada banyak mufti syafi’iah yang mengakui dan men-shahihkan nasab Ba ‘Alawi, diantaranya;
Imam Muhammad bin Ahmad bin Abil-Hubb
Imam Ahmad bin Muhammad al-Marwani at-Tarimi
Imam Muhaddits Umar bin Ali
Imamul-Quthb Abdullah al-Yafi’I dll

Anda tau siapa Imam Abdullah bin As’ad Al-Yafi’i? Beliau termasuk salah satu ulama Syafiiyyah yang termasuk dalam Thobaqot asy-Syafi’iyyah yang disebutkan oleh Imam As-Subki dan Qodhi Ibnu Abi Syuhbah. Beliau berasal dari ‘Adn (Yaman) lalu pindah ke Makkah hingga wafat di sana. 
Imam As-Subki dalam Thobaqot-nya:
عبد الله بن أسعد بن عَليّ الْيَمَانِيّ اليافعي الرجل الصَّالح صَاحب المصنفات الْكَثِيرَة وَالنّظم الْكثير اجْتمعت بِهِ فِي منى سنة سبع وَأَرْبَعين وَسَبْعمائة وَتُوفِّي بِمَكَّة سنة سبع وَسِتِّينَ وَسَبْعمائة فِي جُمَادَى الأولى مِنْهَا
Ibnu Qadhi Abi Syuhbah 
عبد الله بن أسعد بن عَليّ بن سُلَيْمَان بن فلاح الشَّيْخ الإِمَام الْقدْوَة الْعَارِف الْفَقِيه الْعَالم شيخ الْحجاز عفيف الدَّين أَبُو مُحَمَّد اليافعي اليمني ثمَّ الْمَكِّيّ ولد قبل السبعمائة بِقَلِيل
Az-Zarkali menidentifikasi bahwa Imam Abdullah bin As’ad al-Yafi’I ini hidup di abad ke-7 dari tahun (698 -768 H) semasa dengan Imam Tajuddin As-Subki (771 H). 
Secara tidak langsung Syekh Khotib (724 H) memberi informasi yang valid atas itsbat nasab Ba ‘Alawi di masa beliau yang mana beliau juga sezaman dengan Imam Al-Yafi’i kala itu.

Ada beberapa poin penting:
Pertama: Imam Alawi bin Ubaidillah sudah masyhur sejak abad ke-6 sebagaiman disebutkan Syekh Ba Makhroamah di awal. 
Kedua: Itsbat Nasab Ba ‘Alawi terjadi di Abad 7-8 H. secara logika tidak mungkin para mufti dan ulama kala itu meng-itsbat jika nasab Sadat Ba ‘Alawi tidak masyhur di kalangan penduduk setempat. Apalagi disaksikan dengan jumlah saksi yang cukup banyak di depan Hakim.

Ketiga: Ketersambungan Pencatatan Sejarawan Hadhramaut dari Abad 7, 8, dan 9 secara berurutan hingga sekarang. Dan ini semua data dari Non Ba ‘Alawi. Di luar sana banyak data dari Ba’ ‘Alawi yang memliki data valid dan tidak bisa terbantahkan.





Dari sini mungkin jelas apa kata Kiai Imad bin Sam'un:

وَإِنْ أفْتَى الْمُفْتُوْن، لاَ نَقْبَلُهُم.

“Meski Para Mufti menfatwakan (Keshahihan nasab Ba ‘Alawi), saya tidak akan menerima.”
Eh, ternyata betul ada 300 Mufti ditambah 100 saksi. Bukanya hanya fatwa aja tapi taraf ijmak ulama kala itu. Terimakasih pak Yai 'Tukang Begal Nasab', kami diberi tahu mana ulama dan mufti yang harus kami percayai…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...