Jumat, 30 Agustus 2024

Nasab Paling Valid Menurut Guru Ulama Nusantara



Guru Ulama Nusantara Menyatakan Ijma' Umat Islam Nasab Ba'alawi Termasuk Nasab Paling Valid

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Ada netizen meminta saya nukilan kitab ulama terpercaya yang menyatakan nasab Sadah Ba'alawi valid tersambung sampai kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Sebetulnya banyak kibar ulama dan muhadditsin yang secara sharih memvalidasi nasab mulia ini. Seperti al-Hafidz as-Sakhawi, Imam Ibnu Hajar al-Haitami dan Imam al-Murtadla az-Zabidi. Akan tetapi untuk menjawab permintaan itu, saya hanya mengirimi gambar salah satu halaman dalam kitab Riyadl al-Jannah min Adzkar al-Kitab wa as-Sunnah karya Imam Yusuf bin Ismail an-Nabhani (w. 1932 M/1350 H).

Dalam kitab tersebut Imam an-Nabhani tidak hanya menyatakan kevalidan nasab Sadah Ba'alawi, melainkan juga menyatakan ijma' umat alias para umat sepakat bahwa nasab tersebut termasuk nasab yang paling shahih/valid.

Imam an-Nabhani berkata:
إن ساداتنا آل باعلوي الذين هذا الفاضل منهم رضي الله عنهم قد أجمعت الأمة المحمدية في سائر الأعصار والأقطار على أنهم من أصح أهل بيت النبوة نسباً، وأثبتهم حسباً، وأكثرهم علماً وعملاً وفضلاً وأدباً.
Artinya:
"Sesungguhnya para Sadah Alu Ba'alawi yang salah satu dari mereka adalah al-fadhil ini (Sayyid Zainal Abidin Jamalullail Madinah) telah disepakati oleh umat Nabi Muhammad pada seluruh zaman dan negara bahwa mereka termasuk Ahlu Bait Nabi yang paling valid secara nasab, paling luas dalam ilmu, amal, keutamaan dan adabnya."

Perhatikan kalam Imam an-Nabhani "Annahum min Ashahhi Ahli Baiti an-Nubuwwati Nasaban, wa Atsbatihim Hasaban." Yang disepakati umat tidak hanya soal kesahihannya, melainkan juga soal salah satu nasab paling valid yang terhubung kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Berikut lanjutan dawuh Imam an-Nabhani tentang Alu Ba'alawi tanpa saya terjemahkan:
وهم كلهم من أهل السنة والجماعة على مذهب إمامنا الشافعي رضي الله عنه مع كثرتهم إلى درجة لا يقلون فيها عن مائة ألف إنسان، ومع مجاورة بلادهم، وهي بلاد حضرموت إلى الزيدية في اليمن، ومع تفرقهم في سائر البلاد ولا سيما بلاد الهند.
أما علماؤهم الكبار، وأولياؤهم الأخيار، أصحاب الأنوار والأسرار، في هذا العصر وما تقدمه من الأعصار، فهم أكثر وأنور من نجوم السماء، بهم يحصل لكل من اقتدى بهم الاهتداء، ولا يمتري في صحة نسبهم وكثرة فضائلهم ومزاياهم التي تميزوا بها عن الأنام، ببركة جدهم عليه الصلاة والسلام، إلا من قل حظه في الإسلام، وقد اطلعت على بعض مؤلفاتهم فوجدتها كلها هدى، تجلو عن القلب الصدا، واجتمعت ببعضهم فوجدت عندهم من الفضائل ومكارم الأخلاق الدالة على أصالة الأعراق، زيادة على ما لهم من الأصل الأصيل، والشرف الأثيل، ما يملأ العيون قرة، والقلوب مسرة، ووقعت المراسلة بيني وبين بعضهم فوجدت في عباراتهم من اللطف والتواضع وحسن العبارة والتأثير ما لا يمكن للمؤمن أن يطلع عليه، ثم لا يحب صاحبه حباً بليغاً، ومهما ذكرت في شأنهم من جميل الثناء، وحسن المقال، فهو دون ما تضمنه قلبي لهم من حسن الولاء واعتقاد الكمال، رضي الله عنهم وعن سائر ساداتنا أهل البيت الكرام، وبلغ الجميع من خيرات الدنيا والآخرة كل مرام، بجاه جدهم خير الأنام عليه وعليهم الصلاة والسلام، ورزقني من فضلهم الرضا والقبول، والدعاء الصالح المقبول، وإن ختم بالفاتحة فهي غاية المأمول.

Silahkan fokus pada dawuh beliau:
ولا يمتري في صحة نسبهم وكثرة فضائلهم ومزاياهم التي تميزوا بها عن الأنام، ببركة جدهم عليه الصلاة والسلام، إلا من قل حظه في الإسلام.
Artinya: "Tidak meragukan kesahihan nasab dan banyaknya keistimewaan Alu Ba'alawi kecuali orang yang mendapatkan sedikit bagian dari nilai-nilai keislaman."

Maksudnya, orang yang sibuk mempermasalahkan nasab Sadah Ba'alawi tidak dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai keIslaman kecuali hanya sedikit dan sempit.

*

Soal ijma' kevalidan nasab Sadah Ba'alawi ini saya pernah mendengar dua ulama besar zaman ini juga menyatakan demikian. Yaitu Syaikhina Syadi Arbasy Damaskus dan Syaikhina Anas as-Syurafawi Damaskus. 

Syaikh Syadi Arbasy adalah ulama besar asal Damaskus Suriah yang pakar dalam bidang fikih madzhab Syafi'i. Beliau sekarang menjadi dosen dan sesepuh di STAI Imam Syafi'i Cianjur Jawa Barat. Selain sibuk mengajar, beliau juga sibuk mentahqiq kitab. Puluhan kitab telah selesai beliau tahqiq. Salah satunya adalah kitab kebanggaan masyarakat Nusantara, yaitu Hasyiah Syaikh Mahfudz at-Tarmasi Pacitan ala al-Manhaj al-Qawim, yang dicetak Penerbit Darul Minhaj Jeddah dalam tujuh jilid besar. Syaikh Syadi sekarang dalam proses mentahqiq syarah Syaikhona Kholil Bangkalan Ala Alfiyah Ibn Malik.

Adapun Syaikh Anas as-Syurafawi adalah salah satu ulama langka yang dapat menggabungkan antara Akidah dan Tasawuf. Kitab-kitab yang telah beliau tahqiq antara lain Ihya' Ulumiddin cetakan Darul Minhaj, Syarah al-Hikam karya Ibnu Abbad, silsilah lima kitab Imam as-Sanusi dalam Akidah dan puluhan kitab lainnya.

Kitab-kitab tahqiqan Syaikh Anas dan Syaikh Syadi terkenal dengan kualitas istimewa dan akurat. Bisa kita buktikan langsung dengan membaca hasil tahqiqan beliau berdua. Semoga Allah memanjangkan umur mereka dalam keadaan sehat dan afiyah. Amin

*

Soal hujjiyyah Al-Ijma' atau kesepakatan umat, sebagaimana dawuh ulama Ushul Fiqh, adalah dalil syar'i yang paling kuat. Bahkan kekuatan dalilnya melebihi kekuatan dalil al-Quran dan Hadits. Ini dawuh para ulama Ushul Fiqh. Silahkan anda baca langsung kitab-kitab mereka.

*

Kembali ke pembahasan Syaikh Yusuf an-Nabhani. Siapakah beliau? Apakah beliau mempunyai hubugan dengan ulama Nusantara? Mari simak penjelasan berikut.

Imam Yusuf an-Nabhani adalah ulama terkemuka asal Beirut Lebanon. Lahir di daerah Ijzim Palestina (sekarang masuk wilayah Beirut) pada tahun 1265 H dan wafat dan dimakamkan di Beirut pada Ramadhan 1350 H.

Beliau adalah ulama yang sangat gigih dalam membela Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah. Imam an-Nabhani terkenal gandrung terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Banyak sekali kitab-kitab yang beliau tulis yang tentang al-Hadlrah an-Nabawiyyah. Seperti kitab Afdhal as-Shalawat Ala Sayyid as-Sadat, Sholawat ats-Tsana', Jami' ash-Shalawat, al-Anwar al-Muhammadiyyah, Sa'adat ad-Darain dan Hujjat Allah al-Balighah.

Dalam hal-hal yang berkaitan dengan akidah dan amaliah Ahlussunnah wal Jama'ah beliau menulis kitab Syawahid al-Haqq fi al-Istighatsah bi Sayyid al-Khalq, Raf'u al-Isytibah fi Istihalat al-Jihati Ala Allah, dan lainnya. Imam an-Nabhani juga menulis kitab dalam dua jilid yang memuat keramat-keramat para wali. Kitab tersebut bernama Jami' Karamat al-Auliya'.

Beliau juga menggubah Qashidah Asmaul Husna yang sangat populer di Jawa. Pernah dipopulerkan oleh KH. Ali Ma'sum Krapyak dan KH. Arwani Amin Kudus. Sampai sekarang masih dibaca di PP Krapyak Yogyakarta dan PP Yanbu'ul Quran Kudus juga pondok-pondok yang didirikan para alumni. Qashidah tersebut berjudul al-Muzdawajat al-Hasna fi al-Istighatsah bi Asma' Allah al-Husna. Mathla' qashidahnya adalah:
بِسۡمِ الۡإِلَٰهِ وَبِهِ بَدَيْنَا ٭ وَلَوۡ عَبَدۡنَا غَيۡرَهُ شَقِينَا
يَاحَبَّذَا رَبَّا وَحُبَّ دِينَا ٭ وَحَبَّذَا مُحَمَّدٌ هَادِيـنَا
لَوۡلَاهُ مَاكُنَّا وَلَابَقِينَا

*

Jika menilik data sejarah kita bakal menemukan ternyata beliau memiliki hubungan erat dengan ulama Nusantara. Antara lain sebagai berikut:

Pertama, Imam an-Nabhani berteman dengan Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus al-Jawi. Bahkan beliau pernah memberi kalimat taqridz terhadap risalah Syaikh Abdul Hamid Kudus yang berjudul at-Tuhfat al-Mardliyyah fi Jawazi Tafsir al-Qur'an bi al-A'jamiyyah. Yaitu sebuah risalah yang menjawab permintaan fatwa apakah diperbolehkan menulis tafsir al-Quran dengan bahasa non Arab seperti bahasa Jawa dan Persi?. Inti jawabannya adalah: diperbolehkan.

Setelah membaca risalah ini Imam Yusuf an-Nabhani menulis kalimat taqridz:

الحمد لله وحده، قد اطلعت على هذا الجواب من العالم العامل الفاضل الكامل الشيخ عبد الحميد أفندي قدس الجاوي المكي أحد المدرسين في المسجد الحرام، فوجدته جوابا صميما لا شبهة فيه ولا ارتياب، وإني أتعجب ممن يتردد في جواز تفسير القرآن بالعجمية لا على وجه الترجمة لفظا بلفظ الممنوع؛ لأن التفسير على الوجه المذكور لو كان ممنوعا شرعا لما كان لتبليغ الأعاجم معاني القرآن طريقة مطلقا، وهذا بديهي البطلان، لا يقول به أحد من ذوي العرفان.
حرر في ١٣ رجب سنة ١٣٢٢ هـ الفقير يوسف النبهاني رئيس محكمة الحقوق في بيروت.

"Segala puji hanya bagi Allah. Sungguh aku telah membaca jawaban dari al- 'Alim al-'Amil al-Fadhil al-Kamil Syaikh Abdul Hamid Afandi Kudus al-Jawi al-Makki, salah satu pengajar di Masjidil Haram. Saya mendapatinya sebagai jawaban tepat yang di dalamnya tidak ada syubhat dan keraguan. Saya heran terhadap orang yang meragukan diperbolehkannya mentafsiri Al-Quran dengan bahasa Ajam, sebagai tafsir bukan terjemah lafadz perlafadz al-Qur'an yang dilarang. Karena tafsir yang demikian seandainya dilarang, maka tidak akan ada cara untuk menyampaikan makna-makna al-Qur'an kepada orang-orang non Arab. Larangan ini bathil dan Salah secara Badihi.

Ditahrir 13 rojab 1322 H oleh al-Faqir Yusuf an-Nabhani, Kepala Mahkamah al-Huquq di Beirut."

Lalu Imam an-Nabhani membubuhi kalimat taqridznya dengan stempel beliau.

Kedua, Imam an-Nabhani adalah guru dari Syaikh Yasin al-Fadani dan ayah beliau. Yaitu Syaikh Isa bin Odek al-Fadani.

Syaikh Yasin al-Fadani pernah mendapat sanad dan ijazah dari Imam an-Nabhani. Syaikh Yasin pun juga mencatat nama Imam an-Nabhani sebagai guru dalam beberapa kitabnya. Antara lain kitab al-Kawakib ad-Darari.

Sedangkan ayahnya, Syaikh Isa al-Fadani, kisah pertemuan beliau dengan Imam an-Nabhani diabadikan oleh Syaikh Mukhtaruddin al-Falimbani yang tak lain adalah murid Syaikh Yasin al-Fadani, dalam kitab beliau yang berjudul Bulugh al-Amani fi at-Ta'rif bi Syuyukh wa Asanid Musnid al-'Ashr al-Fadani. Beliau berkata:

جاور بالمدينة المنورة أعواماً ولما زار والد شيخنا الشيخ الحاج محمد عيسى بن أوديق زيارته الأولى إلى المدينة اتفق به في الحرم النبوي وأنس به وزاره في منزله وجالسه وأخذ عنه في الأوراد والأذكار والصلوات وغيرها واستفاد منه وأجيز منه عامة شفهياً.

"Syaikh Yusuf an-Nabhani pernah tinggal di Madinah al-Munawwarah beberapa tahun. Ketika ayah Syaikhna al-Fadani, Syaikh Muhammad Isa bin Odek al-Fadani, pertama kali ziarah ke Madinah, tak sengaja bertemu dengan Syaikh an-Nabhani di Masjid an-Nabawi. Mereka pun mulai akrab. Lalu Syaikh Isa al-Fadani mengunjungi beliau dan mujalasah di kediamannya. Dari beliau Syaikh Isa al-Fadani mengambil ijazah wirid, dzikir, shalawat dan lain sebagainya. Syaikh an-Nabhani juga mengijazahi Syaikh Isa Ijazah Ammah secara lisan."

ثم في سنة ١٣٤٩ بعث إليه وهو ببيروت خطابا طلب فيه منه كتابة الإجازة لنفسه ولأولاده الثلاثة شيخنا محمد ياسين وأخويه محمد طه وإبراهيم فاستجاب وأجاز عامة وكتب الإجازة بخطه الشريف من بيروت في ١٩ رجب سنة ١٣٤٩ نصها مودع في بغية المريد من علوم الأسانيد.

"Kemudian pada tahun 1349 H, Syaikh Isa al-Fadani (Ayah Syaikh Yasin) mengirim surat kepada Syaikh an-Nabhani yang saat itu sedang di Beirut, meminta menuliskan ijazah untuk diri Syaikh Isa dan ketiga anaknya; Syaikhna Muhammad Yasin, Muhammad Thaha dan Ibrahim. Syaikh an-Nabhani pun mengabulkan permintaannya. Beliau mengijazahi ijazah ammah dan menuliskan ijazah tersebut dengan tulisan beliau sendiri dari Beirut, tertanggal 19 Rajab 1349 H. Redaksi ijazah itu termuat dalam kitab "Bughyat al-Murid min 'Ulum al-Asanid" (karya Syaikh Yasin al-Fadani)."

Selain Syaikh Yasin al-Fadani dan ayahnya, ulama Nusantara yang juga pernah mengambil ilmu dari Imam an-Nabhani adalah Habib Ali bin Husain al-Attas Bungur, mahaguru dari para ulama Betawi pada masanya.

Habib Ali Bungur menyebutkan nama Imam an-Nabhani sebagai guru dalam beberapa tulisan beliau. Antara lain dalam ijazah beliau untuk KH. M. Utsman al-Ishaqi Surabaya dan Muallim Syafi'i Hadzami Jakarta. Bahkan, Habib Ali Bungur juga menulis sekilas profil Imam an-Nabhani dalam kitab mahakarya beliau Taj al-A'ras fi Manaqib al-Habib Shalih al-Attas.

Semoga keberkahan mereka menyertai kita semua. Amin

Pati, 19 Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...