Sabtu, 11 Mei 2024

Seputar Jual Beli Kredit Dan Kontan




Deskripsi Masalah

Kita dagang dengan harga agen walaupun beli satuan tetep dihitung harga agen. Tapi ketika uang bayarannya kurang, maka barang yang gak dibayar karena kurang uangnya kita ubah dengan harga biasa. Karena ditoko tersebut peraturanya ketika ada yang berhutang maka harga beda bukan lagi harga agen, tapi jatuhnya harga biasa.

Pertanyaan:

1.Bagai mana hukum jual beli atas umi apakah termasuk jual beli dua akad ? 

2. Dan mau nanya masalah zakat perdagangan/tijaroh. Katanya kalau sampai nishab maka semua isi warung/toko juga dihitung, termasuk etalasenya. Bahkan uang simpanan yang dari perdagangan itu apa juga dihitung. Apakah benar seperti itu?

Mohon penjelasannya.

Jawaban:

1. Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Jual beli yang semacam ini tidak termasuk dalam kategori jual beli dua akad. Tapi jual beli yang semacam ini seperti halnya jual beli yang mana si penjual memberi pilihan kepada pembeli dengan beberapa harga. Misal jika dibeli secara kontan harganya 100rb, tapi jika secara ngutang/kredit maka harganya 150rb.

Nah jual beli dengan mekanisme penjual memberi pilihan seperti diatas itu adalah boleh, dan tidak termasuk jual beli dua akad. Sebab penjual baru sebatas menawarkan dan belum terjadi akad saat itu. Jadi, hak penjual untuk memberi pilihan dan hak pembeli untuk memilih. Asalkan pada saat akadnya ditentukan oleh si pembeli mau pilih yang mana, nah maka pada saat itu barulah terjadi akad. Adapun yang tidak boleh adalah, penjual dan pembeli kemudian berpisah pada saat akad sebelum pembeli menentukan pilihannya. Tapi kalau pilihannya ditentukan maka sah jual belinya, dan yang dipilih oleh pembeli maka itulah akadnya.

Keterangan :

أما لو قال: بعتك بألف نقدا، وبألفين نسيئة، أو قال: بعتك نصفه بألف، ونصفه بألفين، فيصح العقد   

“Adapun jika ada seorang penjual yang berkata kepada seorang pembeli : Saya jual barang ini kepadamu dengan harga 1000 secara kontan, tapi dengan harga 2000 secara tempo (ngutang). Atau saya jual barang ini kepadamu separuh dengan harga 1000 secara kontan, tapi separuhnya lagi dengan harga 2000 secara tempo (ngutang), maka akad jual beli seperti ini adalah sah” (Roudhotut Tholibin : 3/64)

2. Yang terhitung adalah seluruh modal yang hendak ditijarohkan/didagangkan. Maka dari itu jika semua barang yang ada diwarung itu masuk dalam kategori urudut tijaroh (barang-barang dagangan dari hasil modal), maka semuanya terhitung. Termasuk simpanan yang dihasilkan dari tijaroh tersebut juga dihitung, namun dikecualikan jika simpanan tersebut dipakai untuk sesuatu selain tijaroh maka tidak dihitung.

Keterangan :

(الفقه على المذاهب الأربعة : ج ١ ص ٥٥٠)
الشافعية قالوا: تجب زكاة عروض التجارة بشروط ستة: الأول: أن تكون هذه العروض قد ملكت بمعاوضة: كشراء، فمن اشترى عروضاً نوى بها التجارة، سواء اشتراها بنقد أو بدين، حال أو مؤجل، وجب عليه زكاتها بالكيفية الآتية؛ أما إذا كانت العروض مملوكة بغير معاوضة: كإرث، كأن ترك لورثته عروض تجارة، فلا تجب عليهم زكاتها حتى يتصرفوا فيها بنية التجارة، الثاني أن ينوي بهذه العروض التجارة حال المعاوضة في صلب العقد أو في مجلسه، فإذا لم ينو بالعروض التجارة على هذا الوجه، فلا زكاة فيها، ويشترط تجديد نية التجارة عند كل معاوضة حتى يفرغ رأس المال، فإذا فرغ رأس المال، فلا تجب النية عند كل تصرف، لانسحاب حكم التجارة عليه، اكتفاء بما تقدم؛ الثالث: أن لا يقصد بالمال القنية، أي إمساكه للانتفاع به، وعدم التجارة، فإن قصد ذلك انقطع الحول، فإذا أراد التجارة بعد احتاج لتجديد نية التجارة مقرونة بتصرف في المال، الرابع: مضى حول من وقت ملك العروض، فإن لم يمض حول من ذلك الوقت فلا تجب الزكاة فيها، إلا إذا كان الثمن الذي ملك به العروض نقداً حالاً، وكان نصِاباً، أو كان أقل من نصاب ولكنه يملك ما يكمل النصاب من النقد، ففي هاتين الصورتين تجب عليه الزكاة في العروض، متى مضى حول على أصلها، وهو النقد، الخامس: أن لا يصير جميع مال التجارة في أثناء الحول نقداً من جنس ما تقوّم به العروض؛ على ما يأتي في "كيفية زكاة العروض" وهو أقل من النصاب، فإن صار جميع المال نقداً مع كونه أقل من نصاب، انقطع الحول، فإذا اشترى به سلعة للتجارة ابتدأ حولها من حين شرائها، ولا عبرة بالزمن السابق، أما لو صار بعض المال إلى ما ذكر؛ وبقي بعضه عروضاً، أو باع الكل بنصاب من نقد أو بعرض، أو بنقد لا يقوم به آخر الحول، كما يأتي، فلا ينقطع الحول، السادس: أن تبلغ، قيمة العروض آخر الحول نصاباً، فالعبرة بآخر الحول لا بجميعه ولا بطرفيه، وإذا كانت عروض التجارة مما تتعلق الزكاة بعينها: كالسائمة والثمر، نظر، فإن وجد النصاب في عين المال وفي قيمته زكيت عين المال على حكم زكاة السوائم والثمر دون القيمة، وإن وجد النصاب في أحدهما دون الآخر زكى ما وجد فيه النصاب من قيمة عروض التجارة أو ذات السوائم والثمر، وتتكرر زكاة عروض التجارة بتكرار الأعوام ما دام النصاب كاملاً، وكيفية زكاتها أن تقوم آخر الحول بما اشتريت به من ذهب وفضة، أما إذا اشتراها بغير نقد فتقوم بالنقد الغالب في البلد، ولا بد في التقويم آخر الحول من عدلين: لأنها شهادة بالقيمة والشاهد في ذلك لا بد من تعدده، والواجب فيها ربع العشر

Kami ringkas mafhum keterangan diatas sebagai berikut :

Madzhab Syafi'i telah merangkum 6 syarat yang harus terpenuhi terkait wajibnya zakat tijaroh, yaitu :

1. Barang atau modal yang hendak diputar (urud) diperoleh dari akad pertukaran (perdagangan).

2. Ada niat bahwa barang tersebut hendak didagangkan (ditijarohkan) saat awal melakukan pembelian bahan-bahan untuk menjalankan dagang.

3. Modal yang dikonsumsi untuk kebutuhan selain pengembangan modal itu tidak dihitung sebagai bagian dari urudut tijaroh yang wajib dikeluarkan zakatnya.

4. Hitungan haul dimulai sejak barang atau modal itu dinyatakan sah sebagai milik pembeli.

5. Barang atau modal yang hendak dikembangkan (didagangkan) itu tidak mengalami perubahan menjadi mata uang ditengah-tengah haul.

6. Nilai barang atau modal mencapai satu nishob pada akhir haul.

Demikianlah, wallahu a'lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...