Senin, 15 April 2024

Penjelasan Lengkap Tentang Kaffarat Udzma (Kaffarat Jima Bulan Ramadha)




Bab tentang Penjelasan Hal-Hal yang Mewajibkan کفّارة dan Hal-Hal yang Terkait dengannya:


Wajib bersama dengan mengganti puasa adalah کفّارة yang besar dan التعزير bagi orang yang merusak puasanya di bulan Ramadhan selama satu hari penuh dengan جماع yang sempurna dan diniatkan untuk puasa.


- Artinya: Diniatkan hanya untuk puasa. Tidak ada کفّارة bagi orang yang merusak puasanya bukan dengan جماع, seperti makan atau استمناء. Sama halnya jika dia merusak puasanya dengan جماع dengan orang lain, maka tidak ada کفّارة baginya, baik orang lain itu mendahuluinya dalam جماع atau bersamaan dengannya. کفّارة gugur karena mendahulukan penghalang daripada yang diwajibkan. Tidak ada کفّارة juga bagi orang yang merusak puasanya dengan جماع di luar Ramadhan, seperti nazar dan mengganti puasa.


- Dan juga tidak ada کفّارة bagi:

1. Musafir yang melakukan سفر قصر yang membolehkan berbuka puasa dan berbuka puasa karena الزنا.

2. Karena niatnya bukan hanya untuk puasa, tetapi juga untuk الزنا, jika dia tidak berniat untuk berbuka puasa dengan alasan رخصة (keringanan). Karena berbuka puasa tidak dibolehkan kecuali dengan niat tersebut.

3. Jika dia berniat demikian, maka niatnya hanya untuk الزنا, bukan untuk puasa. Karena berbuka puasa adalah جائز (boleh), dan tidak ada کفّارة dalam kedua keadaan tersebut.

4. Berbeda dengan orang yang bangun pagi dalam keadaan مقيم (tetap) kemudian bepergian dan وطى (berhubungan badan), maka dia wajib کفّارة.


Kata "تام":


Telah disebutkan oleh al-Ghazali untuk membedakan dari wanita. Karena wanita tidak wajib کفّارة karena dia berbuka puasa hanya dengan memasukkan sebagian حشفة (kepala penis).


Walhasil / Kesimpulan Syarat Wajibnya کفّارة:


- Sebelas:

1. Orang yang وطى (berhubungan badan).

2. وطى yang merusak.

3. Merusak puasa.

4. Merusak puasanya sendiri.

5. Di bulan Ramadhan.

6. Dengan جماع.

7. Dilakukan secara sempurna.

8. Diniatkan hanya untuk puasa.

9. Merusak puasa satu hari.

10. Tidak ada keraguan.

11. وطى di bulan Ramadhan secara pasti.


Jenis کفّارة:


- Memerdekakan budak مؤمنة (beriman) tanpa imbalan.

- Sehat dari عيب (cacat) yang menghalangi pekerjaan.

- Cukup untuk kebutuhannya.


Jika tidak mampu:


- Wajib berpuasa dua bulan berturut-turut.

- Puasa terputus dengan berbuka puasa, meskipun dengan alasan عذر (halangan), seperti حیض (haid).


Jika tidak mampu:


- Wajib memberi makan enam puluh مسكين (orang miskin).

- Masing-masing mendapat satu مد (takaran) dari makanan pokok negara yang cukup untuk فطرة (berbuka puasa).

كاشفة السجاء ص ١١٢


( فصل ) في بيان ما يجب به الكفارة وما يذكر معها ( ويجب مع القضاء الصوم الكفارة العظمى والتعزير على من أفسد صومه في رمضان يوما كاملا بجماع تام آئم به للصوم ) أي لاجله فقط فلا كفارة على من أفسده بغير جماع كأكل أو استمناء ومثل ذلك ما لو أفسده بجماع مع غيره فلا كفارة عليه سواء تقدم ذلك الغير على الجماع أو قارنه فتسقط الكفارة تقديما المانع على المقتضى ولا كفارة أيضا على من أفسده بجماع في غير رمضان كنذر وقضاء ولا على مسافر سفر قصر يبيح الفطر أفطر بالز نا لان ائمه ليس للصوم وحده بل له مع الزنا ان لم ينو بفطره الترخص أى ارتكاب الرخص اذا الفطر لا يباح الابتلك النية فإن نوى ذلك كان أئمه للزنا وحده لا للصوم لان الفطر جائز و لا كفارة على كلا الحالين بخلاف من أصبح مقيما ثم سافر و وطى، فتلزمه الكفارة ، قوله تام، وقد ذكره الغزالي للاحتراز عن المرأة فانه لا يلزمها الكفارة لانها تفطر بمجرد دخول بعض الحشفة قاله الحصنى قال السويق قوله أتم بالمد بصيغة اسم الفاعل اه‍.


 والحاصل أن شروط وجوب الكفارة أحد عشر :

 الأول الواطى، تخرج به الموطوء فلا تجب عليه.

 الثاني وطء مفسد فلا تجب الا اذا كان الوطء مفسدا بان يكون من عامد ذاكر للصوم مختار عالم بتحريمه وان جهل وجوب الكفارة أو من جاهل غير معذور .

و الثالث افساد صوم خرج به الصلاة والاعتكاف فلا تجب الكفارة بإفسادهما.

 والرابع أن يفسد صوم نفسه خرج به ما لو أفسد صوم غيره ولو في رمضان كأن وطئ مسافر أو نحوه امرأته ففسد صومها.

 الخامس في رمضان وان انفرد بالرؤية أو أخبره من يثق به أو من اعتقد صدقه .

 السادس بجماع ولو لواطا أو اتيان بهيمة أو ميت وان لم ينزل قاله الزيادي. 

و السابع أن يكون اتما بجماعه فخرج به مالو كان صبيا وكذا لو كان مسافرا أو مريضا وجامع بنية الترخص فانه لا ائم عليه. 

الثامن أن يكون ائمه لاجل الصوم فقط. 

التاسع أن يفسد صوم يوم ويعبر عنه باستمراره أهلا للصوم بقية اليوم فخرج مالو وطىء بلا عذر ثم جن أو مات في اليوم لانه بان أنه لم يفسد صوم يوم. 

و العاشر عدم الشبهة فخرج ما لوظن وقت الوط. بقاء الليل أو دخوله أوشك في أحدهما فبان نهارا أو أكل ناسيا وظن انه افطر به ثم وطئ عامدا. 

الحادي عشر كون الوطء يقينا في رمضان فخرج به ما لو اشتبه الحال وصام بتحراى باجتهاد ووطئ ولم يتبين الحال فلا كفارة عليه . 


والكفارة اعتاق رقبة مؤمنة بلاعوض سليمة عن عيب يخل بالعمل ليقوم بكفايته فأن عجز عن الرقبة وجب صوم شهرين متتابعين وينقطع التتابع بالافطار ولوبعذر الانحو حيض فإن عجز عن صومهما وجب إطعام ستين مسكينا لكل منهم مد من غالب قوت البلد المجزئ فى الفطرة. اه‍


Kesimpulan:

Orang yang merusak puasanya di bulan Ramadhan dengan jima’ secara sempurna wajib kafarot.

Ada sebelas syarat wajibnya kafarot.

Ada tiga jenis kafarot.



Poin Penting:

kafarot wajib bersama dengan mengganti puasa.

kafarot tidak wajib bagi orang yang merusak puasanya bukan dengan jima’.

kafarot tidak wajib bagi orang yang merusak puasanya di luar Ramadhan.

Niat untuk puasa harus ada ketika jima’.

kafarot gugur jika ada keraguan tentang waktu jima’.

Orang yang tidak mampu membayar kafarot dapat memilih untuk berpuasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan enam puluh orang miskin.



Syarat Wajibnya kafarot:

1. Orang yang Wathi (berhubungan badan).

2. Wathi yang merusak.

3. Merusak puasa.

4. Merusak puasanya sendiri.

5. Di bulan Ramadhan.

6. Dengan jima’.

7. Dilakukan secara sempurna.

8. Diniatkan hanya untuk puasa.

9. Merusak puasa satu hari.

10. Tidak ada keraguan.

11. Wathi di bulan Ramadhan secara pasti.



Jenis kafarot:

1. Memerdekakan budak مؤمنة (beriman) tanpa imbalan.

2. Berpuasa dua bulan berturut-turut.

3. Memberi makan enam puluh orang miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...