(Pembahasan 22 Agustus 2024)
Deskripsi Masalah:
Pak Joko punya pohon pisang yang buahnya menjuntai ke pekarangan Rumah Pak Bowo.
Pertanyaan:
1. Hak milik siapakah buah pisang tersebut?
2. Bolehkan pemilik pekarangan rumah memakan buah pisang itu?
3. Jika ada buah yang keluar pagar, kemudian jatuh di pekarangan orang lain, bolehkah pemilik pekarangan mengambil buah tersebut?
(Sa'il tambahan: Ust Anwar PK Bantaran )
Jawab:
1. Milik pemilik pohon.
2. Tidak boleh jika tidak ada ijin dari pemilik pohon.
3. Jika sudah menjadi kebiasaan bahwa pemiliknya mempersilahkan atau sudah memberikan pernyataan izin secara langsung bahwa buah yang jatuh tersebut boleh diambil oleh pemilik pekarangan, maka hukumnya boleh. Jika tidak demikian, maka haram mengambil buah yang jatuh tersebut.
Penjelasan:
Yang menjadi penentu kepemilikan dalam tanaman adalah pemilik benih. Sehingga tumbuh di mana pun benih tersebut, maka tanaman dan buahnya tetap menjadi hak pemilik benih. Begitu juga ketika tumbuh di lahan sendiri, kemudian cabang dan buahnya menjuntai ke lahan orang lain.
Mujib: KH. Shoheh Afandi
Referensi:
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج ، ٤١٦/٤
وَلَوْ وَصَلَ غُصْنَهُ بِشَجَرَةِ غَيْرِهِ كَانَتْ ثَمَرَةُ الْغُصْنِ لِمَالِكِهِ وَإِنْ كَانَ مُتَعَدِّيًا.
الحاوي الكبير، ج. ٧/ص. ١٢٩
: وإذا حمل السيل بذرا لرجل فنبت في أرض غيره أو نوى، فصار غرسا فهو لمالك البذر والنوى لأنه نماء ملكه وهل لصاحب الأرض أن يؤاخذ المالك بقلعه أم لا؟ على وجهين:
أحدهما: له قلعه لأن ما نبت في أرضه بغير اختياره.
والوجه الثاني: ليس له قلعه إذا بذلت الأجرة لأن مالكه غير متعد به.
الفتاوى الفقهية الكبرى ٤/١١٦
(وَسُئِلَ) بِمَا لَفْظُهُ هَلْ جَوَازُ الْأَخْذ بِعِلْمِ الرِّضَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ أَمْ مَخْصُوصٌ بِطَعَامِ الضِّيَافَةِ؟
(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ الَّذِي دَلَّ عَلَيْهِ كَلَامُهُمْ أَنَّهُ غَيْر مَخْصُوصٍ بِذَلِكَ وَصَرَّحُوا بِأَنَّ غَلَبَةَ الظَّنِّ كَالْعِلْمِ فِي ذَلِكَ وَحِينَئِذٍ فَمَتَى غَلَبَ ظَنُّهُ أَنَّ الْمَالِكَ يَسْمَحُ لَهُ بِأَخْذِ شَيْءٍ مُعَيَّنٍ مِنْ مَالِهِ جَازَ لَهُ أَخْذُهُ ثُمَّ إنْ بَانَ خِلَافُ ظَنّه لَزِمَهُ ضَمَانُهُ وَإِلَّا فَلَا.
تحفة المحتاج، ج. ٩/ص. ٣٣٨
وَيَحْرُمُ أَخْذُ ثَمَرٍ مُتَسَاقِطٍ إنْ حُوِّطَ عَلَيْهِ، وَسَقَطَ دَاخِلَ الْجِدَارِ، وَكَذَا إنْ لَمْ يُحَوَّطْ عَلَيْهِ، أَوْ سَقَطَ خَارِجَهُ لَكِنْ لَمْ تُعْتَدْ الْمُسَامَحَةُ بِأَخْذِهِ، وَفِي الْمَجْمُوعِ مَا سَقَطَ خَارِجَ الْجِدَارِ إنْ لَمْ تُعْتَدْ إبَاحَتُهُ حَرُمَ، وَإِنْ اُعْتِيدَتْ حَلَّ عَمَلًا بِالْعَادَةِ الْمُسْتَمِرَّةِ الْمُغَلَّبَةِ عَلَى الظَّنِّ إبَاحَتُهُمْ لَهُ كَمَا تَحِلُّ هَدِيَّةٌ، أَوْ أَوْصَلَهَا مُمَيِّزٌ.
--------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar