Senin, 05 Oktober 2020

Nabi Sulaiman Jadi Konsultan Jodoh

 



Seorang laki-laki mendatangi Nabi Daud u untuk meminta petunjuk atas dirinya. Ketika bertemu Nabi Daud u, ia mengutarakan maksud kedatangannya, yaitu mencari calon pasangan hidupnya. “Aku ingin menikah. Bagaimana cara mencari calon istri menurut pendapat Anda?” tanya lelaki itu mengawali perbincangan. “Datanglah pada puteraku Sulaiman u dan bertanyalah kepadanya!” jawab Nabi Daud u mengarahkan.

Segeralah lelaki tersebut mendatangi Nabi Sulaiman u. Ia menemukan Nabi Sulaiman u sedang bermain dengan teman sebayanya yang saat itu masih berusia 7 tahun. Kepada Nabi Sulaiman u ia menanyakan perihal jodoh, sebagaimana pertanyaan yang diutarakan kepada Nabi Daud u.

“Kau harus mencari emas merah dan perak putih. Dan kau harus waspada pada kuda, agar tidak membahayakanmu!” jawab Sulaiman u kecil.

Mendengar jawaban Nabi Sulaiman u, lelaki itu bingung karena tidak paham. Lalu ia kembali mendatangi Nabi Daud u untuk menjelaskannya. Akhirnya, Nabi Daud u mau menjelaskan, “Emas merah itu artinya wanita yang perawan, dan perak putih itu berarti janda muda yang masih belum mempunyai anak. Sedangkan ungkapan waspada pada kuda itu artinya engkau jangan kawin dengan perempuan tua atau janda yang sudah memiliki anak.”

Disadur dari Bustânul-‘Arifîn/158

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...