Rabu, 07 Oktober 2020

Empat Syarah Utama Minhaj


 


1.       Genealogi kitab Nihayatul-Mathlab, dengan fokus 2 karya Imam a-Nawawi, Minhajuth-Thalibin dan Raudhatuh-Thalibin.

2.       Kanzur-Raghibin karya Syekh Jalaluddin al-Mahalli (791-864 H). Satu dari empat syarah Minhaj yang paling populer. Di entara empat syarah tersebut, kitab ini adalah satu-satunya yang ditulis di abad ke-9. Tiga syarah lainnya ditulis di pertengahan hingga akhir abad ke-10 Hijriyah.

3.       Di antara sekian hasyiyah (komentar lanjutan) Kanzur-Raghibin, yang paling populer adalah hasyiyah yang ditulis Syekh Amirah Ahmad al-Burullusi (w 957 H) dan Syekh Ahmad al-Qalyubi (w 1069 H). Sama seperti al-Mahalli, keduanya berasal dari Mesir.

4.       Mughnil Muhhtaj karya Syekh Khathib asy-Syirbini (w. 977). Di antara empat syarah Minhaj yang paling popular, kitab ini paling sedikit diberi komentar tambahan (hasyiyah). Tercatat, ada 2 hasyiyah Mughnil-Muhtaj dan keduanya belum dicetak, yaitu hasyiyah karya Khathib asy-Syirbini sendiri dan hasyiyah yang ditulis oleh mufti Syafiiyah Makkah, Syekh Umar bin Abu Bakar Ba Junaid (w 1935 M).

5.       Tuhfatul-Muhtaj karya Syekh Ibnu Hajar al-Haitami. Beliau lahir pada 909 H di Mesir, sama seperti 3 penulis syarah Minhaj populer yang lain. Wafat di Makkah pada tahun 974 H dan dikebumikan di Jannatul Mualla. Kitab Tuhfah ini adalah rujukan utama para mufti Syafiiyah di Irak, Syam, Yaman, Dagestan, dan sebagian Hejaz.

6.       Dua hasyiyah kitab Tuhfah, yaitu Hasyiyah Ibni Qasim al-Abbadi al-Mishri (w 994 H) dan Hasyiyah Abdul Hamid asy-Syirwani ad-Dagestani (w 1301 H).

7.       Nihayatul Muhtaj karya Syekh Syamsuddin ar-Ramli ash-Shaghir (919-1004 H). Kitab ini adalah rujukan utama di Mesir dan sebagian Hejaz. Kitab Nihayah memiliki dua kitab hasyiyah utama, yaitu Hasyiyah Syekh Nuruddin asy-Syubramillisi (997-1087 H) dan Hasyiyah Syekh Ahmad bin Abdur Razzaq al-Maghribi ar-Rasyidi (w 1096 H)

8.       Makam Syekh Zakariya al-Anshari (w 927 H) di Kairo. Mujaddid abad ke-9 H ini tidak ketinggalan pula mensyarahi kitab Minhaj melalui karyanya, Nahjuth-Thullab.

9.       Makam Syekh Jalaluddin as-Suyuthi (w 911 H) di Kairo. Beliau menyusun kitab Minhaj versi nazam berjudul al-Ibtihaj fi Nazhmil-Minhaj. Sayangnya, karya ini tidak sampai beliau rampungkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...