1. Genealogi kitab Nihayatul-Mathlab,
dengan fokus 2 karya Imam a-Nawawi, Minhajuth-Thalibin dan Raudhatuh-Thalibin.
2. Kanzur-Raghibin karya Syekh Jalaluddin al-Mahalli
(791-864 H). Satu dari empat syarah Minhaj yang paling populer. Di entara empat
syarah tersebut, kitab ini adalah satu-satunya yang ditulis di abad ke-9. Tiga
syarah lainnya ditulis di pertengahan hingga akhir abad ke-10 Hijriyah.
3. Di antara sekian
hasyiyah (komentar lanjutan) Kanzur-Raghibin, yang paling populer adalah
hasyiyah yang ditulis Syekh Amirah Ahmad al-Burullusi (w 957 H) dan Syekh Ahmad
al-Qalyubi (w 1069 H). Sama seperti al-Mahalli, keduanya berasal dari Mesir.
4. Mughnil
Muhhtaj karya Syekh
Khathib asy-Syirbini (w. 977). Di antara empat syarah Minhaj yang paling
popular, kitab ini paling sedikit diberi komentar tambahan (hasyiyah). Tercatat,
ada 2 hasyiyah Mughnil-Muhtaj dan keduanya belum dicetak, yaitu hasyiyah karya
Khathib asy-Syirbini sendiri dan hasyiyah yang ditulis oleh mufti Syafiiyah Makkah,
Syekh Umar bin Abu Bakar Ba Junaid (w 1935 M).
5. Tuhfatul-Muhtaj
karya Syekh Ibnu
Hajar al-Haitami. Beliau lahir pada 909 H di Mesir, sama seperti 3 penulis
syarah Minhaj populer yang lain. Wafat di Makkah pada tahun 974 H dan
dikebumikan di Jannatul Mualla. Kitab Tuhfah ini adalah rujukan utama para
mufti Syafiiyah di Irak, Syam, Yaman, Dagestan, dan sebagian Hejaz.
6. Dua hasyiyah
kitab Tuhfah, yaitu Hasyiyah Ibni Qasim al-Abbadi al-Mishri (w 994 H) dan
Hasyiyah Abdul Hamid asy-Syirwani ad-Dagestani (w 1301 H).
7. Nihayatul Muhtaj karya Syekh Syamsuddin ar-Ramli
ash-Shaghir (919-1004 H). Kitab ini adalah rujukan utama di Mesir dan sebagian
Hejaz. Kitab Nihayah memiliki dua kitab hasyiyah utama, yaitu Hasyiyah Syekh Nuruddin
asy-Syubramillisi (997-1087 H) dan Hasyiyah Syekh Ahmad bin Abdur Razzaq
al-Maghribi ar-Rasyidi (w 1096 H)
8. Makam Syekh
Zakariya al-Anshari (w 927 H) di Kairo. Mujaddid abad ke-9 H ini tidak
ketinggalan pula mensyarahi kitab Minhaj melalui karyanya, Nahjuth-Thullab.
9. Makam Syekh
Jalaluddin as-Suyuthi (w 911 H) di Kairo. Beliau menyusun kitab Minhaj versi
nazam berjudul al-Ibtihaj fi Nazhmil-Minhaj. Sayangnya, karya ini tidak sampai
beliau rampungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar