Sabtu, 01 April 2023

Imam Bukhari dan Uang 1000 Dinar

 


Suatu ketika Imam Bukhari melakukan perjalanan laut dengan membawa 1000 Dinar atau (setara dengan tiga Milyar rupiah zaman sekarang) dibungkus karung. Saat di atas kapal, Imam Bukhari didekati salah satu penumpang dan mengajak Imam Bukhari untuk bersahabat dengannya, saking dekatnya persahabatan mereka, sampai-sampai Imam Bukhari rela mengungkapkan kalau dia bepergian membawa uang seribu dinar dalam karungnya.

Pada malam harinya lelaki tersebut menjerit histeris sambil menyobek bajunya, ketika orang-orang bertanya apa penyebabnya, dia berkata: “Malam ini aku kehilangan uang seribu Dinar yang terbungkus dalam karung”. Sontak seluruh penumpang kapal mencarinya. Imam Bukhari yang merasa dikerjai oleh lelaki itu diam-diam membuang karungnya ke laut. Semua orang mencari dari segala sisi, namun tetap tidak menemukan uang yang dimaksud.

Sesampainya di Pelabuhan, si lelaki tadi bertanya pada Imam Bukhari prihal karung miliknya, beliau menjawab: “Sudah aku buang ke laut”. Lelaki tersebut semakin heran dengan yang dilakukan sang Imam dan bertanya: “Kenapa kamu rela membuang uang sebanyak itu?” Imam Bukhari menjawab: “Aku menghabiskan seluruh hidupku untuk mengumpulkan hadis, semua orang tahu akan kejujuran dan kesungguhanku, itu menjadi permata berharga dalam hidupku. Aku tak ingin kepercayaan mereka hilang gara-gara diriku dituduh sebagai pencuri beberapa dinar yang tak berharga ini”.

Siratul Bukhari karya Al-Mubarakfuri: 143-144

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...