Jumat, 21 April 2023

Mengenal Tingkatan Ahli Fikih (part-II)

 


Mujtahid Muqayyad/Ashabul Wujuh

Mujtahid yang mengikuti salah satu mazhab yang empat. Namun, mampu menetapkan suatu dalil dengan menggunakan teori ushûl imam mazhab..

Syarat-Syarat Mujtahid Muqayyad (Ashhâbul-Wujûh)

  • Harus memiliki kemampuan berijtihad.

  • Ber-taqlîd pada salah satu mujtahid mutlak.

  • Mampu merumuskan suatu hukum dengan berargumen pada dalil hasil analisisnya.

  • Menggunakan teori dan kaidah salah satu mujtahid mutlak dalam menganalisa suatu dalil.

  • Mempunyai keahlian dalam bidang fikih, ushul fikih, dalil-dalil hukum yang bersifat tafshîli (terperinci) dengan menggunakan metode qiyas (analogi), dan mampu men-takhrîj dan meng-istinbâth suatu hukum dengan cara menganalogikannya dengan permasalahan yang sudah ditetapkan oleh imam mazhab.

Di antara mujtahid muqayyad dari mazhab Syafi’i

  1. shhâbul-Wujûh yang hidup pada masa Imam Syafi’i:


  1. Al-Humaidi (w. 219 H)

Abu Bakar Abdullah bin Zubair bin Isa al-Humaidi al-Qurasyi. Pakar hadis dan fikih dari Kota Mekah. Berguru langsung kepada Imam Syafi’i dan bersama beliau hijrah menuju Mesir. 


  1. Al-Karabisi (w. 248 H)

Abu Ulaiyin al-Husain bin Ali bin Zaid al-Karabisi al-Baghdadi. Salah satu imam yang tersohor dengan keahliannya di bidang hadis dan fikih. Sebelum mengikuti mazhab Syafi’i, beliau adalah pengikut mazhab ahlur-ra’yi di Iraq.


  1. Az-Za’farani (w. 260 H)

Abu Ulaiyin al-Hasan bin Muhammad bin as-Shabbah al-Baghdadi az-Za’farani. Salah satu pejuang mazhab qadîm. Beliau adalah imam agung, pakar fikih dan hadis. Memiliki kredibelitas tinggi. Al-Mawardi menyebut beliau perawi mazhab qadîm yang tsiqah.


  1. Al-Muzanni (175-264 H)

Abu Ibrahim Ismail bin Amr bin Ishaq al-Muzanni. Selain ahli dalam disiplin ilmu fikih beliau juga dikenal zuhud dan wara’. Karena kegigihannya dalam memperjuangkan mazhab Syafi’i, Imam Syafi’i menyanjungnya dengan mengatakan, “al-Muzanni adalah penolong mazhabku.”


  1. Al-Buaithi (w. 231 H)

Abu Ya’qub Yusuf bin Yahya al-Buaithi al-Mishri. Satu di antara sekian banyak pembesar ulama Syafi’i di  Mesir. Al-Buaithi Belajar langsung pada Imam Syafi’i. Beliau mempunyai karya yang populer dalam merangkum pendapat-pendapat Imam Syafi’i, Mukhtâshar al-Buaithi. 



  1. Ashhâbul-Wujûh setelah masa murid-murid Imam Syafi’i:


  1. Ibnu binti as-Syafi’i 

Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin al-Abbas. Ibunda beliau bernama Zainab putri Imam Syafi’i. Karena kedalaman ilmunya, ada yang menyebutkan bahwa beliau adalah pengganti Imam Syafi’i.


  1. Ad-Darimi (200-280 H)

Utsman bin Said bin Khalid bin Said as-Sijistani al-Hafidz Abu Said ad-Darimi. Sejak remaja, ad-Darimi banyak melakukan rihlah ke pelbagai daerah yang terkenal ghîrah ilmiahnya. Dari daerah-daerah tersebut ad-Darimi mendapatkan banyak ilmu dari para pembesar ulama. Kepada Imam al-Buaithi, ad-Darimi menekuni ilmu fikih. Selain pakar dalam fikih, beliau juga cakap dalam bidang hadis. Sebab hal itu ada yang men-tahbis-kannya sebagai muhaddits Kota Harah, Afghanistan.


  1. Al-Anmathi (w. 288 H)

Utsman bin Said bin Basyar Abul Qasim al-Anmathi. Berguru pada teman seangkatannya, al-Muzanni dan ar-Rabi’ al-Muradi. Al-Anmathi merupakan ulama yang berjasa dalam menyebarkan mazhab Syafi’i di Baghdad. Dari al-Anmathi lahirlah tokoh-tokoh hebat seperti Ibnu Suraij, al-Isthakhri dan yang lainnya.


  1. Ibnul Qosh (w. 335 H)

Ahmad bin Abi Ahmad at-Thabari Abul Abbas bin Qosh. Beliau adalah salah satu murid Ibnu Suraij. Penduduk asli Thabaristan sebelum kemudian hijrah ke Thorsus dan mendirikin pesantren di sana.


  1. Ibnul Qatthan (w. 359 H)

Abul Husain Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al-Baghdadi atau yang lebih populer dengan sebutan Ibnul Qatthan. Beliau juga salah satu murid Ibnu Suraij. 


  1. Al-Qaffal Al-Kabir (291-365 H)

Abu Bakar Muhammad bin Ali bin Ismail al-Qaffal al-Kabir as-Syasi. Al-Qaffal adalah ulama yang multi talenta, mendalami berbagai macam disiplin ilmu. Seperti tafsir, hadis, teologi, usul, fikih dan lainnya. Selain dikenal alim, al-Qaffal juga dikenal wara’ dan zuhud. Ia merupakan salah satu ulama yang memiliki jasa besar dalam penyebaran mazhab ke Asia Timur.


  1. Al-Mawardi (364-450 H)

Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi. Pernah belajar di Bashrah pada Imam as-Shaimari. Kemudian pindah ke Baghdad untuk belajar pada Imam al-Isfirayini. Selama hidupnya, al-Mawardi pernah menjabat sebagai staf pemerintahan di bidang hakim dan fatwa di berbagai negara Islam.

(bersambung)


disarikan dari: Thâbaqat asy-Syâfi’îyyah al-Kubrâ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...