Jumat, 20 November 2020

Menulusuri Asal Usul Ahlussunnah Wal Jamaah (Bag -1)



Akhir-akhir ini banyak sekali yang mengklaim dirinya adalah Ahlussunnah wal jamaah, baik personal maupun kelompok dan organisasi, rata-rata mereka yang mengklaim Ahlussunnahjustru tindakannya tidak mencerminkan Ahlussunnah, semisal mengkafirkan sesama muslim, menghalalkan darah kaum muslimin, tidak menghormati Habaib dan lain sebagainya, padahal Ahlussunnah sangat menjunjung tinggi persatuan dan sangat menghormati keturunan nabi apapun latarbelakangnya. Oleh karena itu kita harus tahu devinisi Ahlussunnah Wal Jamaah agar tindakan kita susuai dengan yang yang kita klaim.

Pengertian Ahussunnah wal jamaah

Ahlussunnah wal jamaah berasal dari bahasa arab yang terdiri dari tiga kata: Ahlun, As-Sunnah dan Al-Jamaah. Kata Ahlun mempunyai beberapa makna, diantaranya: 1- Pengikut, contoh Ahlul Madzhab berarti pengikut madzhab; 2- Keluarga, contoh Ahlul Bait berarti keluarga rumah tangga; 3- Penduduk, contoh Ahlu Makkah berarti penduduk Mekkah

Sedangkan, kata As-Sunnah berarti jalan sedangkan dalam istilahnya adalah jalan yang diridhoi yang menjadi telah dilalui oleh Nabi, para shahabat dan para ulama (Risalah Ahussunnah wal Jamaah, hal: 5).

Yang ketiga adalah Al-Jamaah, secara etimologi adalah kumpulan apa saja dan jumlahnya banyak (Lisanul Arab, huruf jim) sedangkan secara terminologinya adalah kebalikan dari kata al-Furqah (terpecah belah) yang berarti golongan yang selalu menjaga kekompakan, kerukunan dan kebersamaan seperti yang dikutip oleh Abdul Qahir Al-Baghdadi dalam karyanya Al-Farqu bainal Firaq halaman 312.

Bisa kita simpulkan dari keterangan diatas bahwa yang dimaksud Ahlussunnah wal jamaah adalah kelompok yang konsisten dalam mengikuti jejak langkah Nabi dan para Shahabat serta selalu menjaga kebersamaan antar kaum muslimin (Bersambung).

 

Ibnu Imron/Dewan Pakar ACS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya

Anak akan belajar dari kehidupan orang tuanya  Jika anak dibesarkan dengan celaan,ia belajar memaki Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,i...